Kebanyakan dari pengaplikasian lantai vinyl memang di dalam ruangan umum, laboratorium, ruang kelas dan rumah. Nyatanya ada juga beberapa diantaranya yaitu lantai vinyl untuk outdoor, meskipun harus memperhatikan secara teliti mengenai pemilihan dan pemasangannya.

Tips Pemilihan Lantai Vinyl untuk Outdoor

Tips Pemilihan dan Perawatan Lantai Vinyl untuk Outdoor

Ada banyak orang yang mempertanyakan apakah lantai vinyl sebenarnya dapat diaplikasikan secara outdoor atau tidak. Pasalnya lantai ini dianggap kurang cocok apabila digunakan di luar ruangan. Mengingat bahwa betapa sensitifnya dengan goresan dan juga panas matahari.

  1. Perhatikan Kualitas Vinyl

Satu hal yang penting bagi Anda untuk diperhatikan adalah memperhatikan kualitasnya agar tetap cocok dan aman diaplikasikan di luar ruangan. Hal ini dinilai sangat penting agar mutunya masih bagus meskipun digunakan secara outdoor. Ini juga berlaku pada lantai vinyl rumah sakit.

Salah satu cara untuk mengetahui kualitasnya yakni dengan ditekuk dan ditekan. Kualitas yang baik ditunjukkan melalui tidak adanya perubahan saat adanya penekanan pada permukaannya. Jangan lupa memperhatikan seluruh sisinya guna menghindari bagian pecah atau kurang sempurna.

  1. Pilih Vinyl Tahan Panas

Mengingat bahwa vinyl akan dipasang secara outdoor, maka kemungkinan tinggi akan terpapar dengan sinar matahari. Guna menjaga keawetannya, maka penting halnya untuk memilih kualitas tahan panas agar tetap awet dalam pemakaian jangka waktu lama.

Anda bisa langsung mengecek pada vinyl yang akan digunakan. Pengecekan dilakukan dengan menempelkan api pada salah satu bagiannya. Lihatlah apakah sisi tersebut terbakar atau tidak untuk melihat kualitasnya.

  1. Bersihkan dengan Cara Tepat

Tidak hanya memperhatikan kebersihan lantai vinyl yang ada di dalam ruangan saja melainkan juga harus membersihkan di bagian outdoor. Tentunya kemungkinan terpapar dengan kotoran jauh lebih tinggi daripada indoor.

Cara membersihkannya pun beragam mulai dari penggunaan double bucket hingga vacuum cleaner. Anda bisa menggunakan cairan berupa MPC apabila menjumpai adanya noda yang membandel dan susah untuk dihilangkan.

Itulah tadi ketiga tips pemilihan sekaligus perawatan jika Anda ingin mengaplikasikan lantai vinyl secara outdoor. Baik di dalam maupun luar ruangan, kebersihan menjadi faktor paling penting untuk dijaga sebagai salah satu cara merawatnya.

By doni