Virus corona benar-benar merubah segala gaya hidup masyarakat dan berdampak pada kerugian ekonomi yang sangat besar. Harga beli rumah juga ikut menurun karena efek pandemi ini. Apakah Anda hendak membeli rumah di tengah pandemi? Coba cek harga rumah di rumah.com saja!

Hampir semua sektor bisnis lumpuh karena pandemi covid-19 yang melanda ini termasuk properti. Nah, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk membeli rumah dengan harga murah. Seperti apa sih cara untuk bisa mendapatkan rumah di tengah pandemi seperti ini?

Tips Mendapatkan Rumah dengan Harga Murah Saat Pandemi Covid-19

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda untuk menemukan unit hunian yang nyaman dan tentunya terjangkau di kantong. Apa saja ya triknya?

1.     Cek Harga Rumah Secara Online

Di tengah pandemi seperti ini, pemerintah sangat menganjurkan masyarakat untuk mematuhi PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan penyebaran virus covid-19.

Hadirnya PPKM ini tentunya memaksa seluruh lapisan masyarakat untuk membatasi segala macam kegiatannya di luar rumah.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sedang mencari rumah. Cobalah untuk menemukan rumah yang Anda inginkan melalui situs online, salah satunya adalah rumah.com. Melalui situs jual beli rumah secara online ini, maka Anda bisa mencari-cari rumah yang sesuai dengan anggaran.

2.      Cek  Keuangan Anda

Jika Anda sudah mengecek beberapa unit rumah di situs rumah.com, maka cobalah untuk menghitung kemampuan finansial yang Anda miliki. Apabila Anda hendak mengajukan KPR, maka angsuran yang dibebankan setiap bulannya tidak boleh lebih dari 35% penghasilan Anda.

Apalagi di tengah pandemi seperti ini tidak ada yang bisa menjamin seseorang dipertahankan dari pekerjaan sebelumnya kecuali jika Anda adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) atau karyawan badan usaha milik negara (BUMN).

Maka dari itu, Anda harus selalu melakukan pengecekan Berita Harian rasio keuangan Anda. Harus ada dana darurat, memiliki investasi dan tidak ada angsuran lain yang nilainya juga besar.

Apabila rasio penghasilan Anda tidak sebanding dengan pengeluaran yang harus diberikan untuk angsuran KPR, maka sebaiknya jangan dahulu terburu-buru membeli rumah. Sementara jika rasio keuangan Anda sebanding, pastikan Anda menemukan rumah yang benar-benar sesuai anggaran.

3.      Cari yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips selanjutnya untuk bisa menemukan rumah dengan harga murah saat pandemi adalah cari yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila yang Anda butuhkan hanya untuk tempat tinggal saja, bukan untuk tempat usaha, maka Anda tidak harus membeli rumah dengan ruangan yang luas.

Misal, jika Anda hanya tinggal bersama istri dan belum mempunyai anak, maka carilah rumah dengan 2 kamar tidur saja.

Rumah dengan 3-4 kamar tidur pastinya akan memiliki tarif jual yang lebih mahal dan resikonya adalah kamar tersebut jadi tidak terpakai.

Jikalau Anda hendak menambah anak dan ruangan Koran Viral yang kosong itu untuk masa depan anak Anda kelak, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membangun lagi di suatu hari nanti.

4.     Cari yang Sesuai Fungsi

Selain mencari yang sesuai dengan fungsi, Anda juga harus menentukan terlebih dahulu seperti apa fungsi yang Anda kehendaki. Misal, apakah rumah yang Anda cari di tengah pandemi ini hendak menjadi hunian Anda secara permanen atau nantinya hendak disewakan.

Nah, dengan memahami fungsi dari unit properti yang hendak Anda beli, maka keputusan yang hendak dibuat bisa menjadi lebih tepat.  Misalnya, jika tujuan membeli rumah ini karena hendak Anda kontrakkan, maka carilah lokasi rumah yang tidak jauh dari pusat kota.

Rumah yang aksesnya ada di pusat kota dan dekat dengan fasilitas umum pasti ada banyak yang meminati. Sekalipun dibeli di saat pandemi, tetap saja akan ada banyak orang yang minat mencari hunian di jantung kota.

Namun, jika tujuan membeli rumah untuk digunakan secara pribadi, maka carilah rumah yang sekiranya jauh dari pusat kota namun tetap memberi kenyamanan. Rumah yang letaknya jauh dari pusat kota juga cenderung lebih murah.

5.      Cek Fasilitas Rumah

Tidak mau salah dalam membeli rumah bukan? Jika Anda tidak ingin menyesal dalam membeli rumah, pastikan Anda selalu mengecek fasilitas rumah secara detail. Anda harus melakukan survei atau cek lokasi sebelum memutuskan untuk membeli.

Jangan tergesa-gesa untuk memutuskan sebelum melihat secara langsung unit rumah yang ditawarkan. Sekalipun harga yang ditawarkan murah, Anda harus tetap waspada.

Banyak di luar sana pemilik rumah yang menurunkan harga jual karena huniannya sudah tidak layak pakai namun mengklaim bahwasannya fasilitas yang disediakan lengkap.

Jika tidak ingin tertipu, maka cek saja langsung hunian tersebut. Tanpa melakukan pengecekan, maka Anda tidak tahu kekurangan apa yang ada pada rumah yang hendak dibeli. Efeknya adalah akan ada banyak perbaikan-perbaikan yang ujung-ujungnya menguras uang Anda.

Memang sih harganya murah dan miring, namun kalau ke depannya ada banyak biaya perbaikan dan perawatan, bukankah sama halnya Anda rugi?

6.     Pilih Developer yang Berkredibilitas

Terakhir, Anda harus menemukan developer yang kredibilitasnya tidak meragukan. Umumnya, setiap unit properti pasti memiliki developer. Tugas Anda adalah carilah yang sekiranya rekam jejaknya itu bagus dan terpercaya.

Reputasi developer yang bagus pasti akan seimbang dengan kualitas unit properti yang ia tawarkan. Developer dengan kredibilitas yang bagus pasti akan selalu mementingkan kualitas untuk mempertahankan reputasinya di depan klien. Jadi, pastikan jangan salah dalam memilih, ya!

Menemukan rumah dengan harga miring di tengah pandemi saat ini peluangnya pasti lebih besar. Rumah hunian di kawasan Jabodetabek saja harga jualnya anjlok hingga 50%. Jadi, manfaatkan peluang ini dengan membeli rumah dengan harga murah hanya di rumah.com.

By gerard