Tips Memilih CCTV Supaya Tidak Salah Pilih

Tips Memilih CCTV Supaya Tidak Salah Pilih

Saat ini, kebutuhan CCTV di rumah semakin meningkat, karena sekarang banyak yang membutuhkan kamera CCTV untuk memantau rumah supaya lebih aman dan terhindar dari kemalingan. Maka dari itu lengkapilah rumah anda dengan CCTV supaya kamu lebih merasa aman walaupun kamu sedang tidak di rumah. Jika kamu masih bingung dalam proses pemasangan dan pembelian bisa memesan di tempat  terdekat seperti di CCTV Cilacap. Inilah tips memilih CCTV supaya kamu tidak salah pilih pada saat membeli.

1. Perhatikan Tempat dan Waktu Pengawasan

Sebelum membeli suatu CCTV, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui jenis dan kapasitas dari barang yang akan Anda beli. Jenis-jenis CCTV yang berbeda tidak hanya dibuat karena berasal dari merk yang berbeda, namun dari segi kegunaannya sendiri memiliki perbedaan.

Misalnya untuk pemasangan di luar ruangan, Anda sebaiknya memilih kamera CCTV khusu untuk pemakaian luar ruangan yang unggul di sisi daya tahan kamera. Ada baiknya juga bila Anda memilih kamera yang memiliki sertifikat internasional dalam hal ketahanan terhadap debu dan air.

Selain tempat pemasangan, waktu pengawasan CCTV juga menjadi aspek penting dalam memilih jenis CCTV. Bila CCTV untuk mengawasi saat malam hari, ada baiknya untuk memilih CCTV yang dilengkapi fungsi menangkap gambar dalam kondisi gelap untuk hasil terbaik.

2. Fungsi yang Sesuai dengan Tujuan Penggunaan

Bila Anda telah mengetahui tujuan pemasangan, waktu maupun tempatnya, langkah selanjutnya adalah memastikan apakah produk CCTV dilengkapi fungsi yang mendukung tujuan tersebut atau tidak.

Fungsi dari CCTV bermacam-macam, seperti ketentuan jumlah pikselnya, warna yang dihasilkan (hitam putih atau berwarna), ada tidaknya fungsi perekaman, ada tidaknya fungsi backlight, sampai fungsi pantauan jarak jauh. Sebagai alat elektronik, spesifikasi dari CCTV dan juga kualitas gambar yang dihasilkan harus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda tidak boleh asal memilih, dan sangat penting untuk mengecek apakah produk yang Anda pilih telah dilengkapi fungsi yang tepat sesuai dengan waktu, lingkungan, dan luas area yang ingin diawasi. Bila salah pilih, pengawasan CCTV di tempat dan waktu tertentu tidak akan maksimal, yang akan membuat keamanan Anda tidak terjamin.

3. Perbandingan Harga dan Kualitas CCTV

Meskipun kata CCTV bisa diucapkan hanya dengan sepatah kata, CCTV memiliki banyak variasi harga, tergantung dari fungsinya. Bila Anda hanya berpikir dari segi harga saja, mungkin Anda akan mendapatkan produk dengan fungsi yang minim. Itu artinya, manfaat pengawasan yang Anda dapatkan juga rendah.

Setelah Anda berhasil menemukan CCTV yang kira-kira cocok dengan Anda, coba pikirkan sebentar tentang aspek value for money CCTV tersebut. Jika memang barang yang Anda incar dan sesuai spesifikasinya memang sebanding dengan harga dan kegunaan nantinya, CCTV boleh diangkut. Namun jika Anda masih merasa tidak sebanding, gunakan waktu untuk memilih kembali.

4. Memerhatikan garansi yang diberikan

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah garansi yang diberikan oleh vendor. Kebanyakan vendor-vendor kamera CCTV maupun distributor hanya memberikan garansi selama 1 sampai 2 tahun saja. Apabila Anda membeli kamera CCTV dengan garansi lebih dari 2 tahun, Anda perlu mempertanyakan kualitasnya.

Setiap jenis kamera memang memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Sebelum membeli jangan lupa untuk melihat keterangan kamera CCTV tersebut.

5. Pilih jangkauan yang luas, baik horizontal maupun vertikal

Jangkauan pandang kamera CCTV adalah poin penting yang harus Anda perhatikan. Ada beberapa jenis produk yang memungkinkan untuk mengatur sudut pandang kamera. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa memantau salah satu sudut saja, tetapi juga sudut-sudut lainnnya.

Terlebih lagi, jika jarak pandangnya luas, objek yang berada jauh pun tetap bisa terpantau dari kamera CCTV. Jarak pandang kamera CCTV pada umumnya adalah 10, 20, 30 meter. Untuk penggunaan di dalam ruangan, jarak pandang 10–20 meter sudah cukup menjangkau. Akan tetapi, untuk penggunaan di luar ruangan, kami rekomendasikan jarak pandang 30 meter.

6. Pilihlah Kamera Yang Bisa Menangkap Objek Dengan Jelas

Jika tetap ingin melihat kegelapan malam, pilih kamera CCTV yang dilengkapi fungsi menangkap gambar dalam kondisi gelap. Ada beberapa jenis kamera yang memiliki fungsi tersebut, misalnya kamera dengan inframerah dan kamera dengan night vision.

Kamera dengan night vision bisa mengambil video berwarna walaupun dalam kondisi minim cahaya. Namun, apabila jumlah cahayanya kurang, hasil video akan menjadi gelap.

Sementara itu, kamera infrared akan memberikan video hitam putih. Akan tetapi, kamera ini bisa mengambil video walau dalam keadaan gelap gulita. Apabila Anda tidak mempermasalahkan warna video, pilihlah kamera CCTV inframerah.