Tips Membuat Peci Rajut di Rumah

main image

Suka memakai peci rajut? Jika anda salah satu orang yang gemar memakai peci rajut, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa mencari tutorialnya di internet atau video streaming. Ada banyak tutorial yang bisa anda ikuti. Dan biasanya, beberapa tutorial juga memiliki pola rajutan yang berbeda. Nah, di sini anda bisa mencoba pola termudah dahulu untuk belajar. Lalu apa aja hal yang diperlukan untuk membuat peci rajut? Simak tipsnya berikut ini.

  1. Menyiapkan bahan dan alat

Hal yang tentu harus anda persiapkan terlebih dahulu ketika mau membuat peci rajut tentunya alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan pertama yang anda butuhkhan adalah benang. Jika anda masih belajar, sarannya pilih saja benang katun rajut lokal dahulu dengan varian warna dasar sebagai latihan. Pilih benang warna hitam dan putih. Selain itu, siapkan alatnya berupa hakpen. Beberapa orang menyebutnya hook atau hakken. Jangan lupa untuk menyesuaikan hakken dengan ukuran benang katun yang digunakan.

  1. Pola

Pola peci rajut kini ada banyak macamnya. Anda bisa mencari-cari pola yang tidak begitu rumit terlebih dahulu. Atau ada baiknya pilih pola yang sudah lengkap dengan tutorialnya. Kalau tidak, cari saja pola apa saja yang cocok dengan minat anda.

  1. Proses pembuatannya

Tahap awal ketika anda ingin merajut peci adalah ukur lingkar kepala terlebih dahulu. Bagi para perajut, tentu ini adalah hal yang mudah. Namun bagi pemula jangan sampai melupakan langkah dasar ini. Jika awalnya salah, nanti belakangnya bisa bermasalah.

Gunakanlah meteran yang biasa digunakan tukang jahit. Kalau tidak punya, coba tanya tetangga yang suka menjahit. Setelah mengukurnya dengan benar. Anda sudah bisa membuat langkah awal rajutan. Pastikan untuk mengukur serta melakukan stiching dengan tepat agar tidak ada rajutan yang salah. Jika bingung, anda bisa mengikuti langkah-langkah rajutan dari pola tutorial yang sudah dicari di internet.

  1. Teliti dan sabar

Ikuti langlah-langkah membuat peci rajut dengan sebaik mungkin. Sehingga nanti rajutan dan ukuran yang salah. Ketelitian dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam proses merajut peci rajut. Ketika sedang membuat peci rajut, anda tidak boleh terburu-buru. Lakukan setiap tahapannya secara perlahan sehingga tahu di mana letak kesalahan atau ketertinggalan di dalamnya.

  1. Pakai pecinya

Jika sudah selesai, maka cobalah peci rajut yang sudah anda buat. Di sini, mungkin saja anda membuat peci terlalu pendek. Untuk itu, anda bisa melanjutkan rajutan. Kalau sudah terlalu berantakan, anda bisa membuat satu lagi lainnya. Jika tidak ada masalah dalam pembuatan peci rajut di rumah, maka pakailah. Pastinya ada rasa bangga ketika memakainya karena buatan sendiri.

Bagaimana, anda mau mencoba membuat peci rajut sendiri di rumah? Bahan-bahannya mudah didapat kok. Jika bahan dan alatnya dirasa mahal, anda bisa membeli bahan dan alatnya secara online. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah di toko online. Lalu saat merasa sudah cukup mahir dengan pola rajutan sederhana, tidak ada salahnya untuk mencoba pola lain yang lebih rumit dan menarik.

Demikianlah ulasan mengenai tips ketika membuat peci rajut sendiri di rumah. Ada kalanya kita perlu berkreasi sendiri untuk menghasilkan apa yang kita inginkan. Salah satunya peci rajut. Ada peluang bisnis yang besar loh. Dengan hasil yang baik, tidak sedikit peluang yang bisa anda manfaatkan untuk menciptakan bisnis yang menjanjikan.