AC adalah listrik paling umum di rumah selama cuaca panas. Keinginan untuk menghindari penggunaan saat terik matahari sering gagal. Di sisi lain, tagihan yang hampir rusak karena AC dihidupkan hampir tidak pernah berhenti membuat Anda sedih sekali. Apalagi di masa sekarang, dimana kebanyakan orang berada di dalam rumah.

Baca juga mengenai dunia elektrik di wiraelectrical dengan nama url lengkapnya di https://wiraelectrical.com.

1. Jangan mematikannya, lalu hidupkan kembali

Anda dapat mematikan AC ketika mencapai suhu ruangan tertentu, dengan anggapan bahwa ini adalah cara untuk menghemat energi. Padahal, kebiasaan ini justru menarik listrik saat AC dihidupkan kembali. Jika kondisioner sangat dingin, lebih baik Anda menaikkan suhunya. Kemudian, sesuaikan daya kipas ke sedang ke rendah saat suhu ruangan mulai mendingin.

2. Ubah suhu ke suhu yang lebih tinggi selama tidur dan matikan satu jam sebelum bangun

Apakah Anda sering merasa kedinginan saat bangun tidur saat menggunakan kondisioner? Saat tidur, suhu tubuh cenderung turun. Makanya, sebaiknya setel suhu di AC bersuhu 25-28 derajat Celcius.

Jika memungkinkan, sisihkan waktu untuk mematikan satu jam sebelum bangun. Tidak hanya menghemat listrik dengan baik, Anda juga bisa merasa lebih nyaman jika tidak terlalu dingin.

3. Naikkan suhu 1 derajat Celcius untuk menghemat 10 persen listrik

Suhu di dalam ruangan antara 25-28 derajat Celcius, menurut mereka umumnya nyaman. Cobalah untuk menjauhkan suhu AC. Jika suhu terlalu rendah, kompresor AC membutuhkan lebih banyak energi untuk digunakan.

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa mengurangi suhu dengan derajat Celcius menghemat listrik sebanyak tujuh sampai 10 persen listrik.

4. Hapus jika tidak digunakan

Apakah Anda terbiasa mematikan elektronik menggunakan remote? Apakah steker terus bergerak? Ubah kebiasaan ini dengan segera melepas barang elektronik tersebut saat tidak digunakan hingga mencapai steker.

5. Sajikan AC secara teratur

Untuk kinerja AC yang lebih baik, aktifkan mode pasokan udara dan biarkan AC bekerja hingga empat jam untuk mengering di dalam ruangan. Artinya, kondisioner berjalan mulus saat dinyalakan di lain waktu. Selain itu, performa AC maksimal. Jangan lupa cabut stekernya agar tidak masuk mode standby.

By gerard