Apa itu Tier dalam Link Building?, Bagaimana Cara Menerapkannya?

Seiring canggihnya teknologi, dunia website SEO seolah menjadi salah satu ladang bisnis yang paling menguntungkan. Namun, untuk mendalami dunia website, kamu harus ketahui dulu apa itu tier dalam link building agar SEO wesbitemu berkualitas.

Kini, dalam dunia jasa SEO, menjadi salah satu modal dasar dan utama yang harus dipahami dalam membangun sebuah website berkualitas agar berhasil menduduki peringkat pertama di hasil mesin pencari.

Dengan memahami SEO lebih dalam dari para master SEO , ini artinya kamu sudah memasuki langkah awal untuk menjadikan website menempati posisi teratas di search engine supaya jumlah pengunjung semakin meningkat. Dan dalam hal ini link tier berperan dalam menaikkan trafik website.

Definisi Link Tier dalam Link Building

Bagi kamu yang masih baru memasuki dunia marketing digital, tentu akan mendengar istilah-istilah baru seperti link tier, yang tentu saja harus kamu ketahui definisi dan fungsinya agar memudahkanmu dalam membangun website berkualitas yang sesuai dengan kaidah SEO.

Sebenarnya, apa itu tier dalam link building? Link tier merupakan sebuah backlink yang berfungsi untuk mengarahkan pengunjung supaya mengunjungi website tertentu yang ada pada link. Sederhanya, tier adalah salah satu sarana untuk menambah jumlah pengunjung.

Definisi  Link Tier 1 dan 2 ?

Setelah mengenal apa itu tier dalam link building, ternyata tier tidak hanya satu link saja. Backlink yang disusun secara bertingkat atau membentuk piramida ini memiliki link Tier 1, Tier 2 dan seterusnya.

Link tier 1 adalah backlink yang langsung ditujukan ke websitemu. Sementara link tier 2 adalah backlink yang ditujukan ke link tier 1. Apa perbedaan link keduanya ? Mengapa link tier 2 tidak langsung diarahkan ke website yang kamu miliki ?

Karena, keberadaan link tier 2 sendiri ialah sebagai pendukung dari link tier 1. Jadi, link tier yang menyerupai piramida ini jika diurutkan dari link tier paling bawah akan mendukung link diatasnya.

Manfaat Tier dalam Link Building bagi Website ?

Setelah mengenal apa itu tier dalam link building, kini saatnya kamu harus ketahui apa saja manfaat keberadaan link tier bagi sebuah website. Sebenarnya, link tier memberi manfaat berarti bagi keberlangsungan situs web, diantaranya :

  • Membantu mendapatkan lebih banyak pengunjung
  • Menjadikan web lebih berkualitas
  • Membantu menyaring unnatural backlink

Tahukah kamu apa unnatural backlink ? Ia adalah sebuah link yang dapat membuat websitemu terkena penalty Google atau blcak hat SEO yang membahayakan situs webmu. Oleh karenanya websitemu harus bersih dari unnatural backlink saat membangun link tier.

Membangun Backlink  Tier

Membangun link tier 1 adalah penting dilakukan dan untuk membuatnya, kamu harus memilih website dengan Domain Authority yang tinggi. Karena dengan DA tersebut akan menaikkan tingkat DA websitemu.

Setelah ketahui apa itu tier dalam link building, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara membuat backlink tier. Namun sebelum itu, kamu harus memahami apa itu backlink tier sendiri.

Sederhananya, baclink tier merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menghasilkan link pada sebuah situs web yang mampu menaikkan ranking di halaman mesin pencari Google.

Sebenarnya, backlink tier adalah cara yang dilarang oleh mesin pencari. Walaupun begitu, backlink tier ini bisa diterapkan jika kamu mampu mengarahkan situsmu ke link yang tepat. Oleh karena itu, usahakan agar backlink tier tersebut bukan termasuk black hat SEO.

Mengapa demikian? Karena jika hal itu terjadi maka dampak buruknya adala pada websitemu. Jadi, menerapkan backlink tier dengan cara yang tepat penting dilakukan agar websitemu tergolong White hat SEO.

Namun, kamu juga bisa mengupayakan backlink tier agar tidak tergolong Black hat SEO yang dilarang oleh search engine. Nah, untuk menghindari dampak buruk terhadap website agar terhindar dari Black hat SEO coba ikuti cara praktis berikut ini.

Buat Konten dari Tier 1

Langkah pertama, cobalah ajak pemilik website yang memiliki domain authority tinggi untuk membuat konten untuk bisa di link ke page di situs website yang kamu punya.

Berkomentar di Forum yang Reputasinya Bagus (Tier 2)

Setelah itu, kamu bisa memberi komentar baik di situs blog, website atau forum-dorum yang relevan dengan situs web yang kamu punya. Ini adalah salah satu cara yang bisa memberikan nilai authority ke dalam websitemu.

Membuat Porfil Link (Tier 2)

Kemdudian, coba buat profil link untuk membantu orang menemukan situs websitemu. Profil link disini nantinya akan membantumu untuk meningkatkan popularitas pada websitemu secara online.

Menggunakan Link Building Tools

Cara terakhir, kamu bisa memanfaatkan Link Building Tools untuk memudahkanmu dalam membangn backlink.

Manfaat Menerapkan Link Building

Apa sebenarnya manfaat dari diterapkannya link building ? Setelah mengenal lebih detail apa itu tier dalam link building, kini kamu harus mengetahui mengapa link building digunakan setelah mengetahui manfaat menerapkan link building.

Penerapan link bulidng ditujukan agar menaikkan peringkat swebsite. Manfaat penting satu ini tentunya sangat diinginkan oleh semua pemilik website. Dan kamu juga berpeluang mendapat manfaat ini setelah menerapkan link building yang tepat.

Link building adalah bagian dari teknik SEO yang bisa kamu terapkan untuk menaikkan ranking websitemu. Dan tentunya, beberapa keuntungan akan kamu dapatkan setelah menerapkan link building.

Cara Menerapkan Link Building

Link building yang diterapka pada stus websitemu akan memberi beberapa keuntungan, salah satunya adalah dengan naiknya peringkat. Nah, berikut ini cara menerapkan link building yang bisa kamu terapkan pada situs webmu.

Website Disetting dengan Benar

Langkah pertama yang wajib dilakukan ialah dengan mulai memperbaiki teknis websitemu terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan sebelum melakukan link building untuk menghindari terjadinya error pada sistem websitemu.

Membuat Konten Berkualitas

Konten adalah hal penting yang mempengaruh keberlangsungan sebuah website. Oleh karenanya, buatlah konten berkualitas yang informatif dan disukai pembaca agar websitemu juga memiliki kualitas yang tinggi.

Website Terhindar dari Backlink yang Tidak Relevan

Pastikan untuk menghindarkan websitemu dari backlink yang tidak berkualitas dan tidak relevan untuk menghindari terjadinya kerusakan teknik SEO yang kamu terapkan pada situs webmu.

Memberi Komentar di Forum Terpopuler

Langkah terakhir, cobalah memberi kontribusi pada blog-blog atau forum yang populer dengan memberi komentar baik lalu sertakan link building pada saat kamu memberikan komentar di forum tersebut.

Pastikan kamu memberi komentar yang tepat dan relevan untuk menghindari terjadinya kesalahan. Sebab, jika salah menerapkan link building, otomatis akan membawa dampak buruk bagi websitemu.

Namun ingat, sebelum memberi komentar dan menerapkan link building, kamu harus pahami dulu ketentuan menerapkan link building pada komentar di blog atau forum terpopuler tersebut.

Kamu bisa memilih forum atau blog yang sepi komentar. Karena jika forum tersebut sudah dipenuhi dengan banyak komentar dari banyak orang, tentu saja komentarmu akan diabaikan dan berujuang sia-sia. Alhasil, hal ini akan berdampak buruk bagi websitemu.

Demikianlah artikel tentang apa itu tier dalam link building dan cara penerapan backlink yang tepat untuk menaikkan peringkat website. Semoga, setelah membaca uraian ini bisa memberimu wawasan yang bermanfaat untuk perkembangan websitemu kedepannya.