Ternyata Inilah Pengertian Serta Jenis – Jenis Gotong Royong Yang Dilakukan Di Lingkungan Masyarakat

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Gotong Royong | Popmama.com

Sebagai warga negara Indonesia pasti kita tidak asing dengan istilah gotong royong yang sering terjadi di lingkungan bertetangga. Tapi tahukah anda ada berapa jenis gotong royong dan jelaskan tentang pengertian gotong royong tersebut? Gotong royong sendiri merupakan salah satu ciri khas kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia di tataran lingkungan masyarakat.

Awal mula penggunaan kata Gotong Royong sendiri diambil dari dua suku kata yakni “gotong” yang memiliki arti bekerja dan juga “royong” yang memiliki arti bersama. Jadi menurut istilah gotong royong ini memiliki artian bekerja bersama – sama dalam suatu komunitas. Itulah mengapa kita seringkali menemukan kegiatan gotong royong di lingkungan warga antar RT maupun antar RW.

Sejarah awal mulanya muncul kegiatan gotong royong menurut para ahli mengatakan bahwa gotong royong ini merupakan adat istiadat yang biasa digunakan orang Indonesia. Jadi di Indonesia memang sudah menjadi tradisi untuk tolong menolong dengan orang – orang yang ada di sekitar. Berawal dari tolong menolong itulah akhirnya ada kegiatan yang dimana melibatkan semua orang untuk bekerja bersama.

Dengan bekerja bersama seperti itu maka hubungan kekeluargaan dan juga kekerabatan antar orang – orang di sekitar akan menjadi lebih baik. Selain itu gotong royong juga menjadi cara yang paling efisien untuk menjalankan kegiatan sosial maupun mempererat hubungan baik itu pertemanan, tetangga, komunitas, dan sebagainya. Akhirnya sampai saat ini kegiatan gotong royong tetap dijaga dan masih sering di lakukan.

Ternyata selain bisa mempercepat pekerjaan dengan dilakukan secara bersama – sama, gotong royong juga memiliki manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan melakukan gotong royong:

  • Membangun hubungan sosial yang bai kantar masyarakat sekitar yang ada di lingkungan kita.
  • Menciptakan rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki diantara lingkungan sekitar
  • Menumbuhkan rasa saling dan juga kepedulian untuk saling tolong menolong kepada siapapun yang ada di sekitar kita.
  • Memperat tali silaturahmi
  • Mempercepat pekerjaan dan juga meringankan beban pekerjaan seseorang dengan bekerja bersama.
  • Meningkatkan produktivitas saat bekerja
  • Menciptakan rasa kesatuan dan persatuan dalam lingkungan yang ada di sekitar kita.

Selain mengetahui manfaat dibalik dilakukannya gotong royong tersebut, anda juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis gotong royong yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis gotong royong yang sering dilakukan.

  1. Kerja Bakti

Kerja bakti ini merupakan sebuah kegiatan bersama yang biasa dilakukan dalam suatu lingkungan untuk menumbuhkan rasa saling memiliki dan juga saling peduli. Contoh kerja bakti adalah membersihkan lingkungan rumah bersama dengan tetangga sekitar.

  1. Musyawarah

Musyawarah juga merupakan salah satu bentuk gotong royong, hanya saja tidak ada pekerjaan yang dilakukan. Pada musyawarah ini semua yang terlibat bekerja sama untuk mendapatkan kesepakatan bersama yang disetujui oleh semua pihak agar mencapai kata mufakat.

  1. Panen Raya

Panen raya ini juga merupakan salah satu bentuk gotong royong yang biasanya dilakukan di lingkungan yang dekat dengan perkebunan atau persawahan. Biasanya saat ada tetangga yang panen maka tetangga yang lain bisa membantu mengambil hasil panen tersebut agar pekerjaan menjadi lebih ringan.

  1. Tanggap bencana

Tanggap bencana ini juga merupakan bentuk lain dari gotong royong, dimana saat ada orang di sekitar yang terkena bencana maka kita akan secara sigap saling bekerja sama untuk membantu orang atau pihak yang terkena bencana tersebut.