Pertunjukan Festival Krakatau Yang Memukau

Salah satu festival budaya yang ada di Indonesia adalah festival Krakatau. Festival ini juga sering dikenal dengan LKF (Lampung Krakatau Festival). Festival atau perayaan ini diadakan di Kota Bandar Lampung. Perayaan ini sudah dikenal sejak lama. Setiap tahunnya selalu diadakan berbagai agenda pertunjukkan.

Festival Krakatau diadakan setiap bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 23 hingga 25 Agustus. Namun soal tanggalnya ini ada kalanya tidak menentu. Setiap perayaan yang diadakan pada festival ini, tentu punya nilai budaya dan wawasan tersendiri.

Beberapa Contoh Rangkaian Pertunjukkan Krakatau 

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, ada banyak sekali pertunjukan yang ditampilkan pada perayaan festival Krakatau ini. perayaan festival yang satu ini akan melibatkan semua kalangan penduduk yang ada di Bandar Lampung.

Tidak heran jika perayaan ini akan sangat meriah. Jika kamu belum pernah tahu pertunjukan apa saja yang ada di festival ini, maka berikut di bawah ini beberapa contohnya:

1. Krakatau Expo

Seperti namanya, pada perayaan expo ini akan ada banyak sekali pertunjukan dan pameran dalam berbagai bentuk karya. Beberapa diantara pameran yang bisa kamu lihat di sini adalah seperti UKM Ekonomi Kreatif, kuliner kekinian dan kuliner tradisional.

Selain itu, pada expo ini kamu juga bisa menyaksikan beberapa perlombaan. Diantara perlombaan itu adalah seperti demo masak, cooking class, dan lomba hias 1000 cupcake. Kamu juga bisa menikmati 5000 porsi mie seruit gratis yang disajikan untuk para pemeriah expo.

2. Parade Permainan Anak

Selain ditujukan untuk orang dewasa, perayaan Krakatau ini juga ditujukan untuk kalangan anak-anak. Melalui parade permainan anak ini, diharapkan semua anak-anak Lampung bisa terlibat dengan aktif. Pada parade ini, kamu bisa melihat permainan anak khas dan tradisional.

Beberapa permainan tradisional itu diantaranya adalah seperti gobak sodor, kuda buta, patil lele, dan upih ngisut. Berbagai permainan anak tersebut akan dimainkan dengan baik oleh setiap anak-anak Lampung berbakat.

Parade yang berisikan beragam permainan anak ini biasanya diadakan di tempat terbuka, seperti misalnya di Lapangan Saburai Lampung.

3. Sai Bumi Ruwa Jurai

Pertunjukan selanjutnya dinamakan dengan sai bumi ruwa jurai. Rangkaian acara ini berisikan beberapa pertunjukan memukau khas Lampung. Kamu bisa melihat keindahan berbagai seni modern dan tradisional dari para pegiat seni kabupaten/ kota yang ada di Lampung.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati penampilan artis nasional dan juga tampilan band yang tidak kalah memukau layaknya konser besar. Sendratari khas Lampung juga akan diadakan pada rangkaian acara sai bumi ruwa jurai ini.

4. Trip Krakatau

Trip Krakatau dikenal sebagai rangkaian acara perayaan Krakatau yang paling diandalkan. Seperti nama agendanya, kali ini kamu bisa ikut trip ke lingkungan sekitar gunung anak Krakatau. Tentu saja kegiatan ini telah disiapkan dengan melihat keamanan kondisi cuaca.

Pada kegiatan ini, kamu akan diajak untuk melakukan observasi lingkungan. Selain untuk memperingati letusan gunung Krakatau yang pernah terjadi, kamu juga akan dibekali dengan wawasan serta pengetahuan yang sangat banyak dari observasi ini.

Meskipun tampaknya akan sangat melelahkan, namun perjalanan trip Krakatau ini akan dipandu dengan cara yang sangat menyenangkan dan tentunya sangat seru.

5. Puncak Parade Budaya Lampung

Rangkaian acara terakhir adalah parade budaya Lampung. Bisa dibilang, acara ini adalah puncaknya festival yang ada di Lampung ini. Beragam tampilan yang sangat memukau, bisa kamu saksikan pada parade ini.

Kamu akan ditunjukkan betapa beragam dan kayanya budaya yang ada di Lampung ini. Salah satu pertunjukannya adalah adanya penampilan busana yang sangat khas dengan Lampung. Busana tersebut dipenuhi dengan seni motif asli Lampung.

Parade ini akan dijajarkan di tempat khusus yang ada di Lampung. Sepanjang jalan kamu bisa melihat ada beragam hal yang ditunjukkan di sana. Bahkan ada yang mengatakan bahwa panjang tempat parade ini adalah sekitar 3 kilometer lebih.

Rangkaian festival Krakatau ini bisa saja lebih beragam dari apa yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini karena setiap tahun, festival ini bervariasi. Sehingga penduduk yang merayakannya tidak akan bosan. Jika kamu ada di Lampung pada bulan Agustus, pastikan kamu tidak melewatkan kemeriahan festival ini.

By gerard