Perbandingan Bahan Tenda Dinding

Selama ratusan tahun, kanvas telah menjadi bahan pilihan tenda dinding. Tapi itu bukan lagi satu-satunya pilihan. Dan apakah itu pilihan terbaik untuk Anda? Di bawah ini adalah pro dan kontra dari berbagai bahan dan faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih tenda dinding Anda.

Kanvas adalah bahan tradisional untuk tenda dinding. Itu kuat dan tahan lama. Saya pernah melihat tenda kanvas yang berumur 30 tahun dan masih berfungsi dengan baik. Kanvas dapat dirawat (sebelum produksi) menjadi tahan api, tahan air dan tahan jamur. Jika Anda memutuskan tenda kanvas, saya pasti akan merekomendasikan agar Anda memilih yang dirawat sejauh ini dan tidak hanya tahan air.

Kanvas tersedia dalam berbagai ukuran, biasanya dalam satuan ons. Berat kanvas yang digunakan umumnya terdaftar sebagai bagian dari fitur tenda. Penting untuk menentukan apakah berat bahan yang diiklankan untuk tenda adalah berat sebelum atau sesudah perawatan karena hal ini dapat membuat perbedaan yang cukup besar. Misalnya, kanvas dengan berat 10 ons setelah perawatan mungkin dimulai sebagai kanvas 7 ons. Sedangkan kanvas seberat 10 ons sebelum perawatan bisa mencapai berat sebanyak 14 ons setelah perawatan.

Karena 100% katun, kanvas sangat bagus dalam menyerap sebagian kondensasi interior yang dihasilkan dari pengeringan pakaian atau air mendidih. Ini juga menahan panas dengan sangat baik dan berat kain kanvas membantunya mengepul lebih sedikit dalam angin yang kencang.

Tenda dinding kanvas menyediakan tempat berlindung yang sangat baik, tetapi harus dirawat dengan benar untuk hasil terbaik. Kanvas harus benar-benar dikeringkan sebelum disimpan untuk menghindari tumbuhnya jamur dan lumut. Sering kali, ini membutuhkan pemasangan tenda saat Anda pulang dari perjalanan dan, tergantung pada musim dan iklim, butuh satu atau tiga hari untuk mengering. Setelah jamur menyerang kanvas, Anda dapat menghentikan pertumbuhan jamur, tetapi noda tidak akan pernah bisa dihilangkan. Selain itu, jika tenda tidak pernah dirawat, Anda mungkin perlu “kedap air” secara teratur dengan produk seperti Canvak. Umumnya, kanvas yang dirawat membutuhkan sedikit atau tidak ada perawatan jenis ini tergantung pada kualitas perawatan.

Relite tersedia secara eksklusif dari Montana Canvas. Untuk banyak keperluan berkemah di luar ruangan, Relite adalah pilihan kain tenda yang sempurna. Kain berbahan dasar poliester yang unik ini, dikembangkan sekitar 15 tahun yang lalu, sangat ringan, sehingga ideal untuk dikemas pada hewan dan berkemah yang ramah lingkungan dan berdampak rendah. Bobot Relite yang lebih ringan juga membuat tenda ini lebih mudah ditangani saat memasang dan menurunkannya.

Lembut, lentur dan mudah dibersihkan, Relite menawarkan kekuatan sobek dan umur panjang serta kanvas. Karena Relite sangat tahan lama dan lebih tahan terhadap sinar ultraviolet yang merusak daripada bahan tenda ringan yang biasa digunakan seperti nilon, Relite adalah pilihan banyak penggemar aktivitas luar ruangan. Karena kain ini tidak seberat kanvas, kain ini mungkin lebih mudah menggelembung dalam kondisi berangin, tetapi memasang dinding dengan aman akan mengatasi masalah ini.

Menjadi kain berbahan dasar poliester, Relite tidak memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan dan kondensasi interior dapat menjadi perhatian. Namun, menggunakan lalat tenda dinding, yang saya bahas lebih lanjut di bawah, tampaknya dapat menyelesaikan sebagian besar masalah kondensasi.

Seperti kanvas, Relite diolah terlebih dahulu agar tahan api, tahan air, dan tahan jamur. Meskipun tidak menumbuhkan jamur, saya sarankan untuk mengeringkan tenda dinding sebelum disimpan untuk menghindari bau apak saat Anda menggunakannya lagi. Relite tidak perlu ditarik mundur karena tahan air, tetapi jahitannya perlu dirawat saat pertama kali Anda menggunakan tenda dan harus disegel kembali saat diperlukan.

Montana Blend juga merupakan kanvas Montana eksklusif. Kombinasi bahan ini menawarkan yang terbaik dari kedua dunia. Empat dinding tenda terbuat dari Relite sedangkan atapnya dari kanvas. Dengan mayoritas tenda yang terbuat dari Relite ringan, berat keseluruhan tenda dinding secara substansial berkurang dari tenda dinding kanvas (sekitar 40% lebih ringan). Atap kanvas menyediakan bahan overhead yang lebih bernapas untuk menyerap kondensasi dan memberi tenda dinding tampilan yang lebih tradisional daripada tenda dinding Relite 100%.

Meskipun kami menyarankan menyiapkan tenda Anda untuk mengeringkannya sebelum menyimpannya, dengan Montana Blend, tenda mungkin dapat dipasang sedemikian rupa sehingga hanya bagian atap saja yang terlihat kering, sehingga membutuhkan lebih sedikit ruang.

Tenda Dinding Terbang

Setiap kali saya berbicara tentang tenda dinding, saya selalu merekomendasikan menggunakan tenda dinding terbang. Lalat tenda adalah bahan tambahan yang Anda letakkan di atas atap tenda untuk isolasi, perlindungan, dan perpanjangan jalur tetesan. Insulasi tambahan dari lalat pada tenda Relite tampaknya mengatasi masalah kondensasi, terutama bila kayu digunakan sebagai sumber panas. Menggunakan lalat di atas tenda kanvas akan menjaga atap tetap bersih dan atap kering serta dinding lebih kering. Jika tenda Anda kering saat tiba di rumah, Anda tidak perlu mencari ruang untuk mengaturnya agar mengering. Belum lagi, kanvas basah lebih berat dari kanvas kering. Semua kain akan mendapat manfaat dari perlindungan sinar UV yang ditawarkan seekor lalat.

Bahan apa?

Saat membantu seseorang memutuskan bahan mana yang akan dipilih, faktor pertama yang kita diskusikan adalah bobot. Ketika berat menjadi masalah, pilihan umumnya terbatas pada 100% Relite atau tenda dinding Montana Blend. Berat tenda dinding biasanya karena orang tersebut berkemas ke perkemahan mereka atau karena berat tenda selama pemasangan dan penurunan menjadi perhatian. Bagi mereka yang beratnya tidak menjadi masalah, ketiga jenis kain ini bisa menjadi pilihan.

Faktor selanjutnya yang kita bahas adalah perawatan. Tenda dinding Relite menawarkan perawatan terendah. Dengan tenda dinding Montana Blend, perawatan apa pun akan difokuskan terutama pada atap kanvas. Tenda dinding kanvas akan memiliki perawatan tertinggi dalam hal perawatan kain.

Setelah faktor-faktor ini dipertimbangkan, maka selera pribadi masuk ke dalam persamaan. Terkadang tampilan klasik tenda dinding kanvas cukup menarik bagi seseorang sehingga melebihi bobot dan perawatan tambahannya. Atau mungkin Anda suka memiliki pilihan warna yang ditawarkan oleh kain Relite. Apapun bahan yang Anda pilih untuk tenda dinding Anda, pastikan bahan tersebut dibuat dengan baik, dirawat dengan benar dan memenuhi kebutuhan Anda.

 

Sumber Artikel: https://sewatendapekanbaru.com