Penyebab Anak Susah Makan Sayur dan Buah yang Wajib Orangtua Ketahui

Banyak orang Indonesia yang tak menyukai buah dan sayur karena berbagai alasan, bahkan tak hanya orang dewasa saja namun juga anak-anak. Anak susah makan sayur dan buah memang bukan fenomena langka, bukan tak mungkin kebiasaan tersebut akan berlanjut hingga nanti ia beranjak dewasa.

Karena itulah banyak orangtua yang bertanya-tanya, apa sebenarnya penyebab buah hati mereka sulit makan buah dan sayur. Cari tahu penyebab anak tak mau makan buah dan sayur di bawah ini.

  1. Masalah Kesehatan

Saat buah hati Anda baru saja sembuh dari penyakit, mungkin saja ia merasa makanan yang ia makan terasa tidak enak dan hambar. Ketika anak berada dalam kondisi ini, hindari memaksa mereka untuk makan karena justru dapat memberikan dampak buruk kepadanya.

Sebaliknya, berikan waktu sampai kondisi anak benar-benar pulih sehingga ia mampu makan seperti biasa. Untuk membangkitkan selera makannya Anda dapat memberikan makanan dan minuman favoritnya.

  1. Orangtua Terlalu Memaksa

Membiasakan anak makan sayur dan buah memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti orangtua lantas memaksa putra-putrinya untuk makan buah dan sayur yang tidak mereka sukai.

Karena ketika Anda semakin memaksa, justru anak akan semakin menolak dan tak mau makan buah dan sayur yang Anda berikan. Solusi anak susah makan sayur yang tepat adalah dengan mengkreasikan menu makannya, carilah cara kreatif untuk mempresentasikan buah dan sayur agar terlihat menarik di mata anak.

  1. Tidak Terbiasa

Hal yang tidak disadari para orangtua ketika buah hati mereka tak suka makan buah dan sayur mungkin saja karena mereka tidak terbiasa. Karena mungkin anak tidak dibiasakan makan buah dan sayur setiap hari, orangtua pun hanya fokus pada asupan protein seperti daging ataupun susu formula agar anak lebih gemuk.

  1. Alergi Makanan

Jika anak menolak jenis makanan tertentu secara konsisten, orangtua perlu menaruh kecurigaan karena tak menutup kemungkinan ia alergi akan makanan tersebut. Tanpa orangtua sadari anak bisa jadi alergi terhadap suatu makanan, sehingga Anda dapat mencari tahu apakah anak mengalami suatu masalah setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Biasakan Anak Makan Buah dan Sayur Mulai Sekarang

Buah dan sayur memiliki sejuta manfaat bagi anak, mulai dari menyehatkan pencernaan, meningkatkan asupan gizi tubuh, mengurangi risiko terkena obesitas, membantu mendukung pembentukan sel baru, hingga membantu anak meraih prestasi akademik. Karena itulah orangtua memiliki peran penting untuk membiasakan anak mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Namun mengajari anak untuk terbiasa makan buah dan sayur dengan memberinya iming-iming mainan atau bentuk sogokan lainnya merupakan hal yang sebaiknya Anda hindari. Karena dengan memberikan iming-iming, Anda seakan menanamkan mindset bahwa buah dan sayur adalah makanan yang rasanya tidak enak sampai-sampai orangtua harus memberikan sesuatu agar anak mau untuk makan.

Itulah penyebab anak susah makan sayur dan buah yang wajib orangtua ketahui. Sehingga setelah mengetahui akar permasalahannya, orangtua diharapkan dapat mencari solusi paling tepat.

By gerard