Koperasi sebagai badan usaha yang dimiliki dan dikelola oleh sekelompok orang atau perseorangan untuk mengejar kepentingan ekonomi yang sama.

Berbeda dengan badan usaha pada umumnya, menurut UU Koperasi, prinsip kerja sama adalah kerabat mempunyai tujuan agar bisa sejahtera dengan anggotanya.

Pengertian dan jenis kelamin serta cara kerja koperasi sebagian besar belum diketahui seharusnya paling tidak bagi mereka yang memang ingin bergabung menjadi anggota koperasi untuk dapat mencapai kepentingan ekonomi yang diinginkan, karena lembaga keuangan yang salah dapat mengatur individu atau badan hukum secara hukum.

Yuk dapatkan software koperasi pada tautan tersebut, selain itu juga tersedia aplikasi koperasi yang bisa kamu nikmati, silahkan bisa di klik.

Namun sebelum kita membahas pembahasan pengertian dan jenis serta cara kerja koperasi tersebut, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa koperasi yang perlu Anda ketahui.

Siapa yang bisa menjadi anggota koperasi?

Berdasarkan Pasal 17 dan 18 UU Koperasi, seluruh warga negara Indonesia yang dianggap dapat melakukan perbuatan hukum atau sudah dewasa telah memenuhi syarat jika ingin menjadi anggota koperasi.

Modal Koperasi

Saat membuat usaha koperasi, modal yang dibutuhkan terbagi dalam dua kategori, yaitu modal sendiri dan modal hutang.

1. Modal Sendiri

Modal sendiri merupakan modal kerja koperasi yang dihimpun dari seluruh anggota koperasi, yang selama lembaga keuangan berjalan, sisa uang hasil penjualan akan disisihkan sebagai dana cadangan untuk memperkuat modal sendiri.

2. Modal Pinjaman

Modal pinjaman merupakan modal kerja koperasi dari beberapa pihak. Dana tunggal ini dianggap sebagai hutang dan harus dibayar tunai atau dicicil, sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Pengertian Koperasi Menurut Para Ahli

Bagi anda yang masih belum mengetahui apa itu koperasi, mungkin pemahaman tentang koperasi dari para ahli tersebut dapat membuat anda lebih waspada. Lalu, apa arti kooperatif dari para ahli tersebut?

1. Hatta

Menurut Koperasi Indonesia, koperasi merupakan upaya bersama yang dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian yang berbasis gotong royong.

2. Munkner

Menurut Munkner, sebagai definisi bantuan-bantuan organisasi koperasi yang telah membuat ‘manajemen perdagangan’ dalam kelompok yang hanya memiliki tujuan dikatutake ekonomi dan sosial tidak berjalan.

3. UU No. 25/1992

Sedangkan menurut UU No. 25/1992 Pengertian koperasi adalah badan usaha yang anggotanya adalah koperasi atau badan hukum yang berdasarkan kegiatan berdasarkan asas koperasi serta gerak ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan.

Jenis Koperasi

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012, koperasi dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

1. Koperasi Produksi

Koperasi Produksi adalah lembaga yang anggotanya memiliki usaha kecil dan menengah (UKM), seperti usaha produksi sementara, kerajinan tangan, atau barang jadi lainnya. Dalam hal ini koperasi bertugas membantu proses produksi yang dilakukan oleh anggotanya serta membantu melakukan penjualan di pasar.

2. Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi dibentuk dan ditujukan untuk kepentingan konsumen barang dan jasa. Umumnya lembaga yang satu ini menjual berbagai produk makanan sehari-hari, seperti warung makan dan toko grosir.

Biasanya konsumen yang membeli atau menjadi konsumen adalah anggotanya sendiri, sehingga harga barang yang dijual lebih murah dibandingkan di toko umum. Misalnya seperti koperasi mahasiswa dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI).

3. Koperasi Simpan Pinjam

Seperti namanya, Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang memberikan jasa simpan pinjam kepada anggotanya. Berbeda dengan bank, lembaga keuangan jenis ini memiliki mekanisme kerja yang demokratis sehingga dana pinjaman dibagikan secara adil kepada anggotanya.

Selain itu, suku bunga yang ditawarkan cenderung lebih ringan dan proses pelunasannya juga bisa dicicil.

4. Koperasi Serba Guna

Koperasi terakhir adalah koperasi multi usaha yang memiliki berbagai bentuk usaha dan pinjaman. Bahkan, Anda mungkin mencari koperasi bersama, seperti koperasi produksi dan konsumsi atau koperasi produksi dan simpan pinjam.

By gerard