Pemasaran Buku dan Surat Permintaan

Jika Anda mempertimbangkan untuk menulis buku atau Anda telah menulisnya, dan berniat untuk menggunakan jalur penerbitan tradisional, Anda memerlukan surat permintaan dan surat pengantar.

Ini berlaku baik Anda seorang penulis, penulis, atau pemilik bisnis rangkuman berita ingin membangun otoritasnya dengan sebuah buku.

Ingin tahu apa hubungan surat permintaan dengan pemasaran buku?

Kueri adalah langkah kedua dalam perjalanan pemasaran buku Anda. Anggap saja sebagai awal dari hubungan yang diharapkan bermanfaat dengan penerbit atau agen.

Langkah pertama adalah menulis cerita yang bagus. Yang kedua adalah mendapatkan kontrak – di sinilah kueri masuk.

Jika Anda tidak yakin apa itu surat permintaan, Jane Friedman mencatat bahwa itu adalah surat yang berdiri sendiri dan hanya memiliki satu tujuan. Satu-satunya tujuan adalah “untuk merayu agen atau editor agar membaca atau meminta pekerjaan Anda. Permintaannya adalah bagian penjualan yang Anda harus dapat menulisnya tanpa menulis satu kata pun dari naskah.” (1)

Surat permintaan adalah kaki Anda di pintu penerbitan. Jadi, Anda dapat melihat berapa ringkasan berita banyak perjalanan pada surat satu atau dua halaman ini (sebaiknya satu halaman).

Surat permintaan biasanya memiliki 8 elemen yang harus diperhatikan:

1. Lakukan penelitian Anda. Sudahkah Anda mengunjungi situs web index media penerbit atau agen untuk memastikan topik naskah Anda adalah sesuatu yang dia tangani?

Anda dapat melakukan pencarian online untuk penerbit atau agen yang cocok untuk cerita Anda. Atau, Anda bisa menggunakan layanan online, seperti WritersMarket.com.

2. Tahu apa yang perlu Anda lakukan. Di situs tersebut, apakah Anda dengan hati-hati memeriksa pedoman pengiriman? Maksudku benar-benar, sangat, sangat, hati-hati!

3. Apakah pembukaan Anda (dalam kueri) menarik? Apakah akan menarik perhatian pembaca?

4. Sunting, edit, edit. Sudahkah Anda memeriksa kesalahan tata bahasa? Sudahkah Anda memeriksa redundansi? Bagaimana dengan ejaan? Jangan mengandalkan fitur pemeriksaan bintik pengolah kata saja. Edit surat Anda secara manual.

5. Tetap pendek dan manis. Hilangkan informasi pribadi yang tidak penting.

6. Sertakan kredensial, dan/atau informasi latar belakang terkait, jika ada.

7. Sertakan strategi pemasaran buku Anda untuk mempromosikan buku Anda. Di bagian ini, sertakan pengikut media sosial Anda, hanya jika signifikan: 500 pengikut, 1000 pengikut, 5000, 10.000. Jelas, semakin banyak semakin baik. Dan, penting bahwa Anda memiliki situs web penulis dan menyertakan tautan di judul Anda.

8. Sudahkah Anda mempelajari format surat permintaan?

Formatnya terdiri dari beberapa paragraf?

Sebuah. Perkenalan Anda, menyebutkan bahwa Anda telah mengunjungi situs web dan mengapa Anda bertanya.
b. Intisari yang sangat singkat tentang isi naskah dan kelompok usia yang dimaksud.
c. Sinopsis cerita yang sangat singkat.
e. Latar belakang Anda, jika relevan. Sertakan niat pemasaran Anda.
f. Terima kasih editor/agen untuk waktunya. Sebutkan bahwa Anda menyertakan XXX halaman (nomor yang dikatakan pedoman untuk dikirim), jika berlaku.

Meluangkan waktu untuk melakukannya dengan benar dan menulis surat permintaan yang dioptimalkan dapat membuat perbedaan antara tumpukan lumpur dan kontrak.

Surat permintaan adalah portal ke kontrak. Jika pembaca mengatakan TIDAK pada surat itu, naskah Anda mungkin bagus, tetapi tidak akan ada peluang.

Karen Cioffi adalah penulis anak-anak pemenang penghargaan dan penulis orang lain, penulis ulang, dan editor anak-anak. Untuk tip menulis yang bagus dan/atau bantuan untuk cerita Anda, kunjungi Writing for Children with Karen Cioffi.

By akhad