Nasib Ezra Walian Berada di Tangan Shin Tae-yong

PSSI sudah pastikan Ezra Walian dapat bela Tim nasional Indonesia di laga sah yang dianggap oleh FIFA, namun keputusan masih tetap berada di tangan Pelatih Shin Tae-yong.

Ezra sudah sah jadi WNI semenjak 2017. Tetapi, ada persoalan pindah status dari liga sepak bola Belanda (KNVB) ke PSSI hingga Ezra tidak dapat tampil di gelaran sah.

FIFA tidak memperkenankan Ezra tampil karena pindah status antara liga belum selesai. Masalahnya bekas pemain Jong Ajax itu pernah bela timnas Belanda U-17 di Kualifikiasi Piala Eropa U-17 pada 2014.

Sekarang masalah itu sudah usai. FIFA sudah meluluskan pemain Persib Bandung itu tampil perkuat Tim nasional Indonesia di gelaran sah.

Pendamping Pelatih Tim nasional Indonesia, Nova Arianto menjelaskan Shin Tae-yong sudah tahu status Ezra. Tetapi, pelatih dari Korea Selatan itu belum memilih untuk panggil pemain kelahiran Amsterdam itu.

Ezra Walian 1

“Yang jelas, keputusan ini jadi berita bagus untuk Tim nasional Indonesia dan membuat bertambah pilihan di baris depan. Dasarnya tinggal nantikan saja kelak,” kata Nova saat dikontak mass media, Kamis (17/6/2021).

“Semua keputusan berada di kepala pelatih Shin Tae-yong. Kita nantikan saja, tetapi yang terang coach Shin sudah tahu masalah permasalahan ini,” sambungnya.

Tim nasional Indonesia tingkat senior masih mempunyai beberapa jadwal, di mana Ezra masih berkesempatan untuk mendapatkan panggilan. Salah satunya set play-off Kwalifikasi Piala Asia 2023 yang bakal dijalani tim Garuda September kedepan.

Musuh Indonesia baru dijumpai sesudah AFC melangsungkan undian pada 24 Juni kedepan. Selainnya Indonesia, negara yang lain turut play-off ialah Guam, Taiwan, dan Kamboja.

Cuman ada dua team yang bisa lolos dari set play-off yang selanjutnya berlanjut ke perputaran ke-3  kwalifikasi Piala Asia 2023 di awal 2022. Sekitar 11 negara nanti maju ke perputaran final dan tergabung dengan 12 team yang lain sudah kantongi ticket Piala Asia 2023.

Selainnya play-off Kwalifikasi Piala Asia 2023, ada gelaran Piala AFF yang direncanakan berguling pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Adapun drawing Piala AFF akan diadakan Agustus kedepan.