Makanan Penyebab Kolesterol Yang Jangan Dilanggar

Saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, anda harus segera mengontrolnya dengan baik. bila kadarnya terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Seperti stroke dan penyakit jantung. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu. Kolesterol tinggi disebabkan oleh pola makan yang salah. Sering konsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung kolesterol tinggi. berikut ini makanan penyebab kolesterol tinggi yang jangan dilanggar.

  • Telur

Bagi penderita kolesterol tinggi, anda harus mengurangi konsumsi telur. Telur memang bahan makanan yang mengandung protein tinggi. namun kandungan kolesterolnya juga tinggi. sekitar 185-200 mg per butirnya. Jika anda konsumsi telur terus menerus, akan membuat kadar kolesterol dalam darah semakin tinggi. sebagian besar kolesterol terdapat dibagian kuning telurnya. Bahkan telur puyuh kandungan kolesterolnya lebih tinggi dibandingkan telur ayam.

  • Produk Susu

Produk olahan susu juga harus anda hindari. Karena produk susu mengandung lemak jenuh yang membuat penyakit kolesterol anda semakin buruk. Lemak jenuh yang terdapat di produk susu antara lain asam miristat dan asam laurat. Kedua asam lemak tersebut bisa meningkatkan kolesterol jahat didalam tubuh. Salah satu contoh produk olahan susu yang mengandung kolesterol tinggi adalah keju. Dalam 100 gram keju mengandung 95 mg kolesterol.

  • Makanan Laut

Makanan laut, seperti udang, cumi, kerang atau lobster pasti rasanya enak. walaupun kaya nutrisi, makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi. didalam 85 gram udang mengandung 166 mg kolesterol. Jumlah tersebut sudah lebih dari 50% asupan harian kolesterol. Untuk penderita kolesterol tinggi sebaiknya hindari konsumsi makanan laut. Sesekali boleh, namun dalam jumlah terbatas. Buat orang yang kadar kolesterolnya masih normal. Sebaiknya kontrol diri untuk mengkonsumsi makanan laut.

  • Daging Olahan

Daging olahan bukan merupakan bahan makanan yang sehat. Karena sudah ditambahkan bahan kimia tertentu yang tidak baik bagi tubuh. Daging olahan yang sering kita jumpai antara lain bacon, sosis, ham, daging kornet dan lainnya. makanan tersebut sudah mengandung bahan pengawet dan kolesterol tinggi. jika dikonsumsi setiap hari bisa menyebabkan penyakit kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Jeroan

Jeroan termasuk makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi. bagian dalam tubuh hewan ini memang enak untuk dikonsumsi. Terutama dibagian usus, babat, paru, jantung dan lainnya. hampir semua jenis jeroan mengandung kolesterol tinggi. 100 gram jeroan mengandung kurang lebih 200 mg kolesterol. Tentunya ini sudah melebihi kebutuhan harian anda.

Jika anda sering konsumsi makanan penyebab kolesterol, sebaiknya imbangi dengan konsumsi makanan sehat.anda bisa minum nestle acticor yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minuman enak ini mengandung inulin dan beta glucan yang terpercaya efektif menurunkan kolesterol.

By gerard