Warga Jabodetabek yang rindu piknik merasa menemukan spot rekreasi baru di utara Jakarta yakni Pantai Indah Kapuk (PIK). Kawasan PIK – khususnya PIK 2 – kala ini sedang ngetren sebagai destinasi wisata favorit. Lokasi tepatnya tersedia di Kelurahan Kapuk Muara Kecamatan Penjaringan.

 

PIK bisa dibuka berasal dari Jalan Tol Dalam Kota, Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Tol Bandara, serta berasal dari Pluit dan Muara Karang. Untuk kendaraan umum tersedia bus Transjakarta jurusan Balai Kota Jakarta – Pantai Indah Kapuk. Masyarakat bisa naik bus ini berasal dari halte-halte yang dilaluinya.

 

Para penggemar olahraga bisa bersepeda, jogging atau lari di daerah kekinian ini. Treknya lumayan membawa dampak adrenalin, khususnya kala menanjak di 2 jembatan.

Para penyuka kuliner bisa menemukan beragam ragam makanan di daerah ini. Sedangkan pencinta sunshine, pemuja senja, group mager, group rebahan atau rombongan keluarga bisa menikmati kondisi enjoy di pantai yang telah disediakan oleh marketing pik 2.

 

Nah, tersedia apa saja di PIK? Silakan liat 5 pilihan wilayah pikniknya tersebut ya!

 

1. Pantai Pasir Putih (White Sand Beach)

Pantai sepanjang 4 kilometer yang terletak di pesisir utara pantai Laut Jawa ini merupakan pantai reklamasi. Pasir putih didatangkan berasal dari Bangka Belitung. Namun pasir putih tersebut tidak menyapu ke lautan. Tepian pantai terisi bebatuan karang hitam. Wisatawan dilarang berenang tapi boleh bermain sepuasnya di pantai. Terdapat pula trek jogging sepanjang pantai.

Walaupun tidak bisa menikmati sunset sebab matahari tidak tenggelam di laut melainkan di sisi sebaliknya tapi kita bisa menikmati nuansa matahari terbenam bersama dengan semburat kuning kemerahannya. Keasyikan lainnya adalah memandangi pesawat-pesawat yang dapat terbang rendah sebab dapat mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Lokasi Pantai Pasir Putih juga dalam wilayah provinsi Banten. Untuk menuju ke sini harus melalui Jembatan PIK 2 yang bisa dibuka pengunjung merasa pukul 6.00 bersama dengan manfaatkan sepeda atau terjadi kaki. Sedangkan untuk kendaraan bermotor dibuka merasa pukul 12.00 (akhir pekan) dan merasa pukul 15.00 (hari biasa) sampai pukul 19.00. Tidak tersedia cost masuk alias gratis.

 

2. Jembatan PIK 2 (Batas Provinsi DKI Jakarta – Banten)

Jembatan PIK 2 yang menghubungkan Riverwalk Island PIK di DKI Jakarta bersama dengan PIK 2 di Tangerang, Banten kala ini beken sebagai spot foto. Dengan tulisan besar bercat putih yang memperjelas batas antara provinsi DKI Jakarta dan Banten, tak heran wilayah ini merupakan daerah favorit untuk berfoto.

Kamu bisa bersepeda atau jogging menyeberangi jembatan. Saat pagi hari kawasan ini sebenarnya cuma boleh dimasuki orang-orang yang bersepeda dan terjadi kaki. Mobil baru boleh masuk ke daerah ini sesudah pukul 12 siang.

 

3. Pantai Maju

Di kawasan ini pengunjung bisa bersepeda atau jogging sambil menikmati pemandangan laut Jakarta serta hutan Suaka Margasatwa Muara Angke yang letaknya bersisian bersama dengan Pantai Maju.

Ada pula pemandangan jembatan putih berlengkung yang menarik yang merupakan jembatan yang telah kita lewati di awalnya kala memasuki kawasan PIK. Berfoto bersama dengan latar belakang jembatan ini muncul unik sehingga menjadi incaran para wisatawan.

 

4. San Antonio Promenade

Promenade (pelataran luas di pinggir laut) ini dipenuhi deretan ruko berupa kafe, restoran dan daerah penyewaan sepeda. Pelataran ini adalah tanggul kanal besar di antara dua pulau, Golf Island dan River Walk Island. Saat senja kamu bisa duduk-duduk enjoy menikmati kondisi matahari terbenam.

Kalau kamu tidak membawa sepeda sendiri, kamu bisa menyewanya selanjutnya berkeliling di daerah Pantai Maju. Selain sepeda biasa, kamu bisa pula menyewa sepeda listrik, sepeda tandem, skuter listrik, dan lebih-lebih odong-odong!

 

 

5. Pantjoran PIK

Pantjoran PIK merupakan daerah yang amat eye-catching bersama dengan gerbang gapura khas Oriental. Letaknya berseberangan bersama dengan Pantai Maju dan Jembatan PIK 2.

Lokasi ini semacam Chinatown atau Pecinan, yakni kawasan bernuansa Tionghoa yang kental. Seperti namanya, Pantjoran sebenarnya terinspirasi berasal dari wisata kuliner tradisional Cina di Pancoran, Glodok, Kawasan Kota Tua, Jakarta.

Kalau mendengar kuliner tradisional Tionghoa, wisatawan Muslim tentu bertanya-tanya apakah makanannya halal? Well, jangan khawatir.

Cukup banyak kuliner halal yang bisa ditemukan di sini. Dan untuk menyingkirkan keraguan, semua warung halal di sini memajang sertifikat halal berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Nah, itulah 5 destinasi di PIK atau Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara yang bisa kamu sambangi.

By toha