Kredivo vs DanaBagus, Mana yang Lebih Rendah Bunganya?

Kalo ngetik kata kunci: pinjaman online cepat cair bayar bulanan, di Google, udah pasti referensi yang keluar super banyak. Ada dari media online, ulasan pengguna, sampai situs OJK. Pertanyaannya, yang mana yang paling oke buat pinjaman ya?

 

Pertanyaan tersebut at least pasti keluar dari kita yang butuh dan mau pake pinjaman online. Kalo review satu-satu, pasti kelamaan dan malah bingung. Sementara butuh dananya udah darurat. Jadi harus gimana dong?

 

Sebenarnya, cara paling mudah untuk tau mana fintech pinjaman online cepat cair bayar bulanan terpercaya adalah dengan mengunjungi situs OJK untuk melihat nama-nama fintech yang terdaftar. Sebab, menggunakan fintech yang sudah terdaftar di OJK wajib hukumnya supaya aman dan nggak berisiko terjadi penipuan atau penyalahgunaan data. 

 

Cara lain, bisa juga melihat beberapa review dari pengguna. Seperti yang bakal saya lakuin dan tulis sekarang ini, perbandingan antara Kredivo dan DanaBagus dalam hal pinjaman online cepat cair bayar bulanan. Siapa tau, review saya bisa membantu kamu buat menentukan fintech pinjaman online yang bunganya pas di kantong. Simak, yuk!

 

Perbedaan Kredivo vs DanaBagus

 

Dalam hal pinjaman online cepat cair bayar bulanan, Kredivo menawarkan pinjaman tunai untuk segala jenis kebutuhan mulai dari biaya berobat, pendidikan, travel, pernikahan, sampai modal bisnis. Selain fitur pinjaman tunai, Kredivo juga menawarkan layanan pay later (bayar dalam 30 hari) tanpa bunga dan juga cicilan barang di berbagai merchant dengan tenor s.d 12 bulan. 

 

Kalo DanaBagus adalah platform P2P lending yang fokus utama layanannya adalah untuk biaya pendidikan kuliah serta biaya penunjang lainnya. Mulai dari uang kuliah/semesteran, notebook/laptop, handphone, tempat tinggal, kendaraan, hingga buku-buku. Dengan kata lain, kalo Kredivo bisa menyasar ke berbagai kalangan, DanaBagus spesifik hanya menyasar mahasiswa atau mereka yang butuh pinjaman pendidikan. 

 

Limit Pinjaman di Kredivo vs DanaBagus

 

Kredivo dapat memberikan limit kredit maksimal s.d Rp 30 juta. Untuk pinjaman, pengajuan berlaku mulai 500 ribu dan maksimal sebesar limit yang kita miliki untuk tenor 6 bulan. Kenapa? Sebab, opsi tenor pinjaman yang tersedia di Kredivo adalah 30 hari, 3 bulan, dan maksimal sampai 6 bulan. 

 

Maka dari itu, limit pinjaman yang bisa kita ajukan di Kredivo sangat bergantung dengan limit yang kita dapat di awal. Contoh, kalo limit total yang kamu dapat Rp 25 juta dan yang tersedia untuk tenor 6 bulan sebesar Rp 15 juta, maka kamu bisa pinjam dana maksimal sampai Rp 15 juta di Kredivo. 

 

Di DanaBagus, pinjaman untuk biaya pendidikan bagi mahasiswa berlaku mulai dari Rp 100 ribu dan maksimal Rp 15 juta. Khusus untuk pembiayaan uang semester, DanaBagus akan langsung membayarkan biaya semester disetujui kepada pihak kampus ketika mahasiswa yang bersangkutan sudah terverifikasi dan mendapat pinjaman dari DanaBagus. Tenor untuk pinjaman dana pendidikan tersedia mulai 71 hari sampai dengan 181 hari (maksimal 6 kali cicilan). Dan saat ini, pinjaman beru tersedia untuk mahasiswa dari universitas yang telah bermitra dengan DanaBagus.

 

Beda Suku Bunga di Kredivo vs DanaBagus

 

Kredivo memiliki tingkat suku bunga pinjaman sebesar 2,6% untuk segala tujuan. Suku bunga ini juga berlaku untuk pembelian barang di merchant rekanan Kredivo dengan cara cicilan. Syaratnya, minimum pembelanjaan harus berjumlah Rp 1 juta untuk bisa cicilan 3/6/12 bulan. Merchantnya antara lain seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Erafone, dll, yang sudah menjadi mitra dari Kredivo. 

 

Sebagai contoh simulasi: misalkan kamu pinjam uang sebesar 500 ribu di Kredivo. Dana yang akan diterima adalah Rp470.000 karena ada biaya admin sebesar 6% yang dipotong di awal. Setelah itu, 30 hari setelahnya, pinjaman yang perlu kamu bayar/kembalikan adalah sebesar Rp513.000. 

 

Sementara itu, DanaBagus memiliki tingkat suku bunga sebesar 4,5% sampai 18% per bulan yang bergantung dengan besaran pinjaman. 

 

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Kredivo vs DanaBagus

 

Siapa yang bisa daftar dan mengajukan pinjaman di Kredivo? 

 

  1. WNI yang berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Sudah berpenghasilan, minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Siapa yang bisa daftar dan mengajukan pinjaman di DanaBagus?

 

  1. Mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif. 
  2. Punya KTP dan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). 
  3. Ada foto diri calon peminjam. 

 

Dari perbandingan diatas, suku bunga Kredivo memang lebih rendah dari DanaBagus. Sehingga, untuk mahasiswa yang sudah bekerja dan memenuhi kriteria di atas, bisa dibilang lebih untung & bersahabat kalo pinjam uang atau cicil kebutuhan kuliah di Kredivo. Namun, di satu sisi, syarat daftar DanaBagus lebih welcome bagi mahasiswa. Balik lagi ke kebutuhan dan situasimu, mana yang lebih cocok antara Kredivo atau DanaBagus?