Ayo kuliah di jurusan Sastra Jawa bukan menjadi suatu hal yang dapat dipandang sebelah mata. Sastra Jawa termasuk jurusan yang punya keuntungan tersendiri kalau kamu menekuninya. Berikut keuntungan yang kamu dapatkan kalau mengambil kuliah di jurusan Sastra Jawa.

1. Melestarikan budaya Jawa
Keuntungan yang pertama yaitu kamu membantu dan melestarikan perkembangan budaya jawa. Pasalnya, budaya jawa yang sudah nyaris tergerus era modern ini kudu segera dilestarikan. Kalau generasi mudanya tidak berkenan mempelajari dan melanjutkannya, maka budaya itu akan punah.

Maka dari itu, kalau kamu berkuliah di jurusan Sastra Jawa, dengan bangga kamu sudah melestarikan budaya Indonesia. Tidak kudu malu atau minder karena budaya Indonesia yang banyak variasi itu kudu dilestarikan, kalau tidak nanti akan diambil alih alih oleh negara lain.

2. Jiwa sastramu akan semakin terlatih
Berkuliah di Sastra Jawa, lama-kelamaan kamu akan lebih kreatif dalam menuangkan ide sastramu. Dengan mudah, kamu dapat memicu puisi, lagu, cerpen dan karya sastra lainnya dalam Bahasa Jawa.

Karena Bahasa Jawa yang sudah dianggap kuno, kamu dapat menumbuhkan suatu analisis yang baru bagi orang awam. Kamu dapat memicu jurusan Sastra Jawa sebagai jembatan untuk menjadikan dirimu tenar dengan karya Sastra Jawamu.

3. Belajar Memahami Tentang budaya Jawa
Berikutnya, kamu dengan enteng dapat belajar Budaya Jawa. Buat kamu yang dari awal sama sekali belum sadar perihal budaya jawa, kamu akan jadi beruntung sekali karena kamu sudah mengambil jurusan yang tepat. Budaya Jawa itu tidak cuma dari bhs saja, namun masih banyak yang belum kamu ketahui, seperti budaya bernyanyi lagu jawa dan termasuk wayang. Di jurusan ini, kamu tidak cuma belajar Bahasa Jawa, namun lengkap dengan budaya jawa.

4. Pergi ke luar negeri dengan mudah
Hal yang tradisional itu terlalu dicintai oleh para turis. Pasalnya, kalau kamu kuliah di Sastra Jawa, dengan enteng kamu dapat melangkahkan kaki untuk pergi ke luar negeri. Caranya, kamu cuma memperkenalkan budaya jawa ke luar negeri. Dengan begitu, kamu dengan enteng akan lolos dari seleksi untuk pergi terlihat negeri dan memperoleh beasiswa.

Tidak selalu jurusan Sastra Jawa itu tidak menguntungkan. Kamu akan merasakan manfaatnya sendiri kalau sudah terjun segera ke dalamnya, asalkan kamu kudu fokus terhadap satu tujuan.

By toha