Kelebihan dan Kekurangan Iklan Google Ads

Sebelum mulai menggunakan Google Ads, pastikan Anda mengetahui apa saja manfaatnya. Anda dapat dengan leluasa mengatur biaya pemasangan iklan, sehingga dapat beroperasi sesuai dengan budget perusahaan Anda. Selain itu, ada keuntungan seperti data untuk memeriksa efek setelah penayangan iklan dan penayangan sambil mempersempit target.

 

Belanja iklan bisa diatur sesuai budget

Keuntungannya adalah mudah untuk mengatur biaya iklan sesuai dengan anggaran Anda sendiri. Ada dua jenis Google Ads: “bayar per klik”, yang dikenakan biaya setiap kali pengguna mengklik iklan, dan “per tayangan”, yang dikenakan biaya setiap kali iklan ditampilkan di web. Iklan ditayangkan sesuai dengan jumlah tawaran yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga disarankan juga bagi mereka yang ingin menjalankan iklan dengan biaya kecil atau yang baru pertama kali mencoba menggunakan Google Ads.

 

Efektivitas periklanan dapat divisualisasikan sebagai data

Dengan Google Ads, Anda dapat memvisualisasikan keefektifan iklan sebagai data. Karena indikator seperti jumlah tayangan, jumlah klik, dan tingkat konversi iklan ditampilkan sebagai daftar, akan lebih mudah untuk menilai apakah target numerik telah tercapai.

 

Selain itu, setiap data dapat dibuat grafik dan ditampilkan dalam spreadsheet, sehingga informasi dapat dibagikan di dalam perusahaan.

 

Dapat disampaikan kepada pengguna yang cocok untuk konten iklan

Selain itu juga memiliki kelebihan yaitu mampu menyampaikan ke sasaran yang sesuai dengan isi iklan dan meningkatkan efektifitas iklan. Selain atribut pengguna seperti usia, jenis kelamin, dan wilayah tempat tinggal, dimungkinkan untuk mengirimkan kepada pengguna dengan motivasi pembelian tinggi menurut riwayat pencarian sebelumnya. Selain itu, dengan menentukan kata kunci yang terkait dengan produk dan layanan, Anda dapat menggunakan berbagai fungsi untuk mencapai hasil, seperti mengirimkan ke pengguna yang mencari.

 

Kekurangan Google ads

Ada juga kerugian menggunakan Google Ads. Meskipun memiliki keuntungan bahwa siapa pun dapat dengan mudah mendistribusikan iklan, kerugiannya adalah rintangan masuknya rendah dan terdapat banyak persaingan. Selain itu, tergantung dari jenis iklannya, ada kemungkinan akan memberikan citra negatif kepada pengguna.

 

Rintangan masuk rendah, persaingan tinggi

Google Ads memiliki keuntungan bahwa siapa pun dapat memulainya, tetapi perlu dicatat bahwa ada banyak pesaing karena rintangan masuknya rendah. Iklan listingan, yang peluang paparannya ditentukan oleh harga tawaran, cenderung memiliki tawaran lebih tinggi untuk kata kunci populer, sehingga Anda perlu menyiapkan anggaran yang besar. Selain itu, untuk mendistribusikan kata kunci penargetan iklan, diperlukan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dalam pengoperasian periklanan.

 

dapat memberikan citra negatif

Mendistribusikan iklan dapat memberikan citra negatif kepada pengguna. Misalnya di YouTube, iklan disisipkan sebelum atau di tengah cerita utama, sehingga sulit bagi pengguna untuk kehilangan konsentrasi.

 

Akibatnya, citra pengiklan memburuk, dan keefektifan iklan mungkin tidak sepenuhnya ditunjukkan. Meskipun tergantung pada jenis iklan, penyampaian iklan yang ramah pengguna juga penting.

 

ringkasan

Dengan pasang iklan Google, Anda dapat memilih dari berbagai macam iklan bergantung pada produk atau layanan yang ingin Anda promosikan. Iklan dapat disampaikan secara efisien ke sasaran, sehingga tidak hanya mudah untuk mendapatkan efek pemasaran digital agency yang tinggi, tetapi juga nyaman bagi siapa saja untuk memulai dengan mudah. Gunakan Google Ads sambil memperhatikan fakta bahwa ada banyak persaingan dan beberapa iklan dapat memberikan citra negatif kepada pengguna.