Pemilihan pipa PVC yang tepat didasarkan pada kebutuhannya. Pasalnya, pipa tersebut dibuat dengan berbagai ukuran dan ketebalan.

Ukuran dan tebal sebuah pipa sangat menentukan pada keawetan pipa. Pipa yang awet jelas memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Salah satunya ialah meminimkan resiko pembongkaran sekaligus pembelian pipa yang sama kedepannya.

Memang tidak dipungkiri bahwa material pipa ini memiliki durasi pemakaian. Setiap pemilik rumah tentu berharap agar materialnya bisa bertahan lama. Secara, material ini menjadi penunjang kebutuhan air di rumah tangganya. Oleh karena itu, perhatikan seluruh aspek ketika memilih jenis pipa. Jangan asal pilih dan beli!

Kebocoran akibat retak dan semacamnya bisa saja terjadi. Penyebab utamanya ialah keliru menentukan jenis pipa itu sendiri. Padahal, masing-masing pipa memiliki spesifikasi dan kekuatan sendiri yang mana sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Ketika Anda akan membeli pipa PVC, pastikan untuk memahami spesifikasi dari pipa tersebut. Lebih jelasnya, untuk apa pipa ini dibeli.

Pada kasus ini, pipa nantinya akan digunakan untuk membuat saluran air bertekanan tinggi di rumah. Saluran air untuk kebutuhan rumah tangga ini bisa berupa saluran untuk pompa air, kran air ataupun saluran penyediaan air ke rumah.

Jika kebutuhannya adalah sebagai penyediaan air, harusnya pipa yang digunakan harusnya lebih kuat. Maksudnya, spesifikasinya cukup pas untuk menahan tekanan air yang berulang dan lebih kuat.

Pilihan terbaiknya ialah jenis pipa kelas AW. Jenis ini dikenal memiliki kemampuan yang luar biasa. Pipanya lebih tebal, mampu menahan tekanan sampai 10 kg/cm.

Tekanan besar ini biasanya terjadi manakala pipa ini digunakan untuk pompa air maupun kran air di rumah. Lebih tepatnya sebagai sarana untuk menyalurkan air dari dalam tanah atau semacamnya menuju bak yang Anda sediakan.

Pemilihan jenis ini diharapkan mampu menjaga kekuatan pipa dalam durasi yang lebih lama. Untuk mendukung keawetan, usahakan untuk menanamnya agar tidak terkena panas matahari yang berlebihan.

Alasannya sangat sederhana. Pipa yang terbuat dari material plastik ini kebanyakan akan sering bermasalah dengan panas yang berlebihan. Salah satunya adalah mudah menjadi keras atau terlalu lentur sehingga menyebabkan cepat retak atau bocor.

Untuk itulah Anda disarankan untuk menempatkannya di area yang terlindung. Kemudian, usahakan untuk melakukan penyambungan yang lebih kuat menggunakan lem perekat yang kuat. Dengan begitu, saluran air bertekanan tinggi di rumah Anda akan lebih awet.

Akhirnya, bila Anda sedang merencanakan untuk membuat saluran air yang bagus dan minim kerusakan, pertimbangkan keberadaan dari pipa PVC ini. Pipa ini sudah disediakan oleh rucika dengan berbagai ukuran dan jenis yang bakalan sesuai dengan kebutuhan Anda.