Anda membutuhkan sambungan pipa ataupun valve pipa dengan harga murah? Dapatkan segera berkualitas terbaik, silahkan kunjungi tautan tersebut.

Pipa air adalah salah satu komponen paling fungsional di sebuah apartemen. Kebutuhan air bersih di rumah dapat diarahkan dengan baik, dan limbah rumah tangga seperti air kotor juga dapat diarahkan secara optimal.

Ada berbagai jenis pipa air yang beredar di pasaran dengan kegunaannya masing-masing. Ketimbang membuat pilihan yang salah, Kania akan membahas setiap jenis pipa air dan cara penggunaannya. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Pipa air PVC

Pipa air PVC dijual dengan harga terjangkau dan membutuhkan proses pemasangan yang sederhana. Mereka adalah jenis pipa yang sangat populer untuk digunakan di rumah. Pipa ini terbuat dari polivinil klorida dan tidak mengandung zat berbahaya.

Aman untuk mendistribusikan air bersih dan limbah seperti air hujan atau limbah. Sifat anti api dan anti selipnya menjaga ketahanannya dan menjaga aliran air bebas dari risiko mati lemas.

Pipa air PVC-O

Varian sanitasi berikutnya adalah PVC-O. Pipa ini merupakan pengembangan dari bahan PVC yang dibuat dengan metode biaksial sehingga ikatan antar molekul bahan bakunya menjadi sangat kuat dengan bahan yang lebih tipis sehingga dapat menyerap volume air dengan lebih efektif.

Pipa PVC-O juga memiliki tingkat keretakan yang relatif rendah, yang membuatnya lebih kuat dari PVC biasa. Ini membuat pipa air PVC-O lebih ideal daripada pipa yang lebih tahan lama.

Pipa air CPVC

Varian lainnya adalah pipa air CPVC (chlorinated polyvinyl chloride). Saat mengembangkan pipa PVC, pipa jenis ini memiliki keunggulan mampu menahan suhu lebih dari 180 derajat Celcius.

Pipa CPVC yang dibuat dengan bahan yang jauh lebih tebal sangat direkomendasikan terutama bagi Anda yang ingin memasang pipa air panas dan dingin di kawasan pemukiman karena tahan terhadap perubahan suhu.

Pipa air HDPE

Jenis pipa air lain yang bisa Anda gunakan adalah HDPE (high density polyethylene). Terbuat dari plastik tidak beracun dengan elastisitas tinggi, pipa ini sangat aman untuk mengalirkan air untuk digunakan di rumah.

Karena sifatnya yang sangat kuat dan elastis, maka pipa HDPE sangat cocok untuk dipasang pada rumah dengan kontur yang tidak stabil, curam dan rawan bencana.

Pipa air PP-R

Selain itu, terdapat pipa air PP-R yang terbuat dari bahan polypropylene acak yang memiliki karakter unik yaitu dapat menyuplai air pada tekanan tinggi dan suhu tinggi. Pipa PP-R tersedia dalam warna hijau yang unik dan dapat digunakan untuk keperluan saniter di area pemukiman.

Selain itu, pipa ini menawarkan sejumlah keunggulan lain seperti ketahanan abrasi, ketahanan gempa, fleksibilitas dan bobot yang ringan sehingga memudahkan proses pemasangan.

Pipa air PEX

Ada juga pipa air PEX, yang merupakan singkatan dari cross-linked polyethylene. Pipa ini dapat digunakan untuk menyuplai air panas dan dingin ke daerah pemukiman dan sistem hidrolik karena dapat menahan suhu ekstrim.

Pemasangan pipa PEX juga relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis pipa lainnya, karena cukup menggunakan ring pengunci khusus untuk mengamankan sambungan. Warna yang berbeda memudahkan untuk membedakan pipa air panas dari air dingin.

Saluran air SDR-41

Tidak seperti jenis pipa lainnya, saluran SDR-41 dirancang untuk pembuangan air limbah. Pipa SDR-41 memiliki ketebalan yang optimal untuk saluran fluoride berupa pressure drop dan karakter berwarna coklat sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi jenis saluran air.

Masing-masing jenis pipa air di atas memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda, sehingga harus dipasang di lingkungan pemukiman. Yang terpenting, selalu gunakan pipa air dengan standar tertentu agar aman dan tahan lama untuk digunakan.

By gerard