Indonesia merupakan negara megabiodiversity yaitu negara dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi termasuk jenis kayu atau pohon yang beberapa diantaranya merupakan endemik Indonesia.

Berbagai jenis kayu di Indonesia memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari produksi furnitur dan dekorasi hingga tanaman yang dirawat secara sadar karena ada tujuan tertentu.

Untuk lebih jelasnya dan mengetahui jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia, berikut akan kami jelaskan beberapa jenis kayu beserta kegunaannya.

Kayu Dewandaru

Kayu ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dimana kayu ini dipercaya sebagai titisan Dewandaru yang pada saat itu berusaha menghentikan perebutan kekuasaan antara Pandawa dan Korawa untuk menduduki tahta.

Dimana Dewandaru adalah kunci tahta kekuasaan. Dipercaya juga bahwa kayu ini merupakan pohon yang ditanam oleh Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria, dan diperoleh dari daratan Tingkok, China.

Pohon ini sering juga disebut sebagai Pohon Belimbing London. Warnanya coklat dan memiliki batang bulat. Kayu terbaik dari jenis kayu ini dapat dilihat dengan cara direndam dalam air. Dimana kayu yang tenggelam adalah kayu terbaik.

Kayu Kalimasada

Pohon Kalimasada tumbuh dengan cepat dengan daun yang lebar dan kering serta sedikit berserat. Habitat pohon ini biasanya tumbuh di daerah rawa atau di darat.

Kayu Setigi

Kayu setigi atau biasa disebut Kay Santiki, Suntugi, Mentigi atau Mantiggi, merupakan kayu yang hidup di wilayah pesisir Asia Selatan dan Tenggara. Kayu ini dianggap sebagai salah satu kayu (langka) yang paling sulit ditemukan.

Saat tumbuh, pohon ini tumbuh hingga 4 meter di atas tanah dengan batang meliuk-liuk dan cabang yang tidak beraturan.

Kayu Nagasari

Kayu ini merupakan kayu yang berasal dari India dan saat ini banyak tumbuh subur di Indonesia yaitu Jawa dan Bali. Pohon ini ditemukan di makam raja-raja seperti Imogiri, Muria, Kudus, dan Kota Gede.

Pohon ini bisa mencapai ketinggian 20 meter, dengan warna merah jambu dan besar bunganya sangat harum. Seluruh bagian pohon ini dapat digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Kayu Cendana

Kayu ini merupakan salah satu kayu primadona dari berbagai jenis kayu yang beredar di pasaran. Cara tanam yang rumit membuat kayu ini langka, sehingga banyak diminati.

Banyaknya kebutuhan pasar dengan ketersediaan barang yang terbatas menjadikan kayu ini harga yang fantastis. Struktur kayu yang kuat dan kokoh menjadi daya tarik kayu ini sebagai bahan dasar furniture.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.