Jenis-Jenis Water Heater dan Kesalahan Penggunaannya

Water Heater merupakan suatu alat pemanas air yang menggunakan sumber energi untuk memanaskan air di atas suhu awalnya. Penggunaan air panas domestik yang umum termasuk memasak, membersihkan, mandi, dan memanaskan ruangan. Dalam industri, air panas dan air yang dipanaskan hingga uap memiliki banyak kegunaan. Nah sebelum kalian membeli water heater dan memasangnya,kenali dulu jenis-jenisnya dan kesalahan penggunaanya berikut:

Penggunaan Water Heater.

Jenis-jenis water heater

1.Water Heater Listrik

Alat pemanas air jenis ini adalah yang paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia. hal ini dikarenakan harga beli yang cukup terjangkau, meskipun alat ini banyak dikomplein oleh kaum ibu-ibu karena daya listriknya yang cukup besar, namun tetap saja alat pemanas ini dicari oleh mereka. cara kerja alat ini sangat sederhana sekali yaitu dengan menggunakan element heater sebagai media transfer panas yang bersumber dari energi listrik.

2.Water Heater Gas

Alat pemanas air gas merupakan alat pemanas air yang sudah terkenal sejak lama. hal ini dikarenakan sumber utama selain listrik saat itu adalah gas. gas bisa didapatkan dari 2 sumber, yaitu LPG atau LNG. Dizaman yang sudah canggih seperti sekerang, alat pemanas air jenis ini sudah mulai ditinggalkan karena keamanan dan nilai gunanya yang cukup boros. namun masih ada dibeberapa tempat yang menggunakan alat pemanas air ini dikarenakan didaerah tersebut cukup melimpah natural gas sehingga biaya operasionalnya menjadi jauh lebih hemat daripada menggunakan gas konvensional (LPG) dan ataupun listrik.

3.Water Heater Solar

Pemanas air tenaga surya atau yang lebih dikenal dengan solar water heater ini adalah alat pemanas air zaman now, dimana alat pemanas air ini menggunakan energi panas matahari sebagai energi utamanya untuk memanaskan air. Indonesia karena berada di garis khatulistiwa menjadikan negara ini kaya akan sinar dan panas matahari sehingga pemanfaatan dari energi terbarukan ini sudah mulai mengambil peranan penting dalam sektor industri. Solar water heater sebenarnya sudah hadir sejak tahun 1990 an namun saat itu hanya kalangan tertentu saja yang meilikinya dikarenakan investasi atau harga beli yang sangat mahal saat itu. namun kini dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahun maka cukup banyak produsen yang menawarkan solar water heater dengan harga yang cukup terjangkau.

4.Pemanas air heatpump

Pemanas ini adalah pemanas air terbaru dengan teknologi tercanggih, alat pemanas yang memanfaatkan udara panas sekitar ini menggunakan kompressor dan freon sebagai alat utama untuk memanaskan air. listrik yang kecil yang hanya digunakan untuk menghidupkan kompressor saja bisa menghasilkan 4 kali lipat daya panas atau secara angka dapat disimpulkan dengan hanya 250 watt saja mampu menghasilkan panas hingga 1000 watt. alat ini sangat hemat sekali dan sangat baik untuk anda yang membutuhkan air panas dalam jumlah banyak seperti hotel, rumah sakit, apartemen, dll.

5.Pemanas air aircon / aircon water heater

Teknologi aircon water heater adalah alat pemanas air yang memanfaatkan buangan panas dari outdoor ac, alat ini masih banyak diperdebatkan dikalangan produsen ac karena toubleshooting dan faktor error saat unit dimodifikasi. sampai saat ini produsen ac split belum ada yang memproduksi aircon water heater sehingga alat pemanas jenis ini masih belum familiar dikalangan end user.

 

Kesalahan Penggunaa Water Heater:

  1. Kesalahan dalam pemasangannya

Ketika Anda memasang solar water heater maka hal yang penting untuk diperhatikan adalah cara pemasangannya. Dalam memasang pemanas air dengan tenaga surya maka penting untuk memperhatikan arah dari sinar matahari.Hal ini karena solar water heater menggunakan energi matahari untuk bisa memanaskan airnya. Oleh karena itu memasang pemanas air tersebut dengan arah yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan sinar matahari yang juga lebih maksimal.Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah memasang pemanas air tenaga surya yang menghadap ke arah utara. Hal ini karena pasokan panas matahari akan lebih konstan ketika Anda menggunakan arah ini.Selain itu pastikan juga bahwa pemanas air tenaga surya tidak terhalangi oleh pohon atau benda lainnya yang bisa menghalangi panas matahari tersebut untuk terserap pada panel surya.

  1. Konstruksi bangunan

Untuk ukuran pemanas air tenaga solar di rumah Anda yang cukup besar, akan lebih baik jika Anda memasang pemanas air tersebut di luar rumah. Khususnya untuk pemanas air dengan tenaga surya yang biasanya dipasang di atap rumah untuk mendapatkan sumber energi. Untuk itu pastikan jika atap rumah yang Anda gunakan aman dan cukup kuat. Jangan sampai atap tersebut rusak atau tidak bisa menahan beban dari pemanas air tersebut.

  1. Menggunakan pemanas air ketika masih kosong

Menyalakan pemanas air tenaga solar memang bisa digunakan kapan saja. Akan tetapi pastikan jika pada tangki air tersebut terdapat air atau pastikan jika sudah diisi dengan air. Kesalahan ini memang terlihat sepele, hanya saja hal ini bisa menyebabkan kesalahan yang fatal.

Tangki air yang kosong bisa menyebabkan kebakaran pada pemanas karena tangki yang tidak bisa menahan panas tersebut. Akibatnya pemanas Anda bisa saja rusak bahkan sebelum Anda menggunakannya.

  1. Koneksi sambungannya

Dalam memasang pemanas air tenaga matahari adalah bagaimana cara untuk menyalurkan air panas tersebut pada kamar mandi. Cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan sambungan pipa. Pipa dan juga pemanas tersebut akan disambungkan dengan menggunakan solder.

Untuk pemasangan ini ada batas minimal yang digunakan antara pemanas air tenaga matahari dengan jarak dari solder tersebut. Hal ini karena jika terlalu dekat maka tangki tersebut bisa saja terbakar atau leleh khususnya yang terbuat dari plastik.

Baca juga: Handal Water Heater