Jeli Memilih Makanan Pelengkap Untuk Bayi Anda, MP-ASI Untuk Buah Hati

Air Susu Ibu (ASI) adalah minuman terbaik bagi buah hati anda. ASI juga dapat mempererat hubungan emosional antara ibu dan buah hati, terlebih ASI dapat memberikan imunitas (daya tahan tubuh) untuk bayi anda. Sangat dianjurkan untuk memberikan bayi anda ASI selama 6 bulan penuh tanpa makanan atau susu lain bahkan air putih kecuali obat sesuai anjuran tenaga medis. Inilah yang disebut ASI ekslusif, kecuali jika pada saat umur 4 bulan anak anda tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai.

Lalu sampai kapan ASI diberikan? Cukupkah hanya ASI? Dan kapan harus mulai memberi makanan lain sebagai pendamping ASI?

ASI dapat diberikan hingga usia anak 2 tahun. Tetapi kebutuhan energi bayi untuk pertumbuhan dan aktifitas makin bertambah, sedangkan produksi ASI tetap sehingga bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Selain itu, MP-ASI juga berfungsi untuk mengenalkan anak pada makanan padat, mengembangkan kemampuan bayi untuk mengunyah dan menelan, menunjang tercapainya tumbuh kembang optimal, dan mendidik anak supaya terbina selera dan kebiasaan makan yang sehat.
Sebaiknya MP-ASI mulai diberikan pada usia 4-6 bulan karena pada usia 4 bulan tersebut bayi sudah mengeluarkan air liur lebih banyak dan produksi enzim amylase lebih banyak pula sehingga bayi telah siap menerima makanan lain. Dan pada usia ini bayi sudah bisa menutup mulutnya dengan rapat dan menggerakkan lidah ke muka dan ke belakang. Jangan terlalu lambat memberikan MP-ASI karena dapat menyebabkan bayi kurang gizi dan menghambat keterampilan bayi.

Bayi anda akan menunjukkan ciri siap menerima MP-ASI, yaitu:

Kesiapan fisik

Reflek esktrusi (bibir menyusu) yang mulai berkurang, keterampiran motorik oral yang ditandai dengan anak dapat memindahan makanan dari bagian depan ke bagian belakang mulut, anak mampu menahan kepala tetap tegak, duduk tanpa atau sedikit bantuan dan mampu menjaga keseimbangan badan sementara tangan meraih benda di dekatnya.

Kesiapan psikologis

Anak lebih mandiri dan eksploratif, pada usia 6 bulan bayi mampu menunjukkan keinginan makan dengan cara membuka mulut , saat bayi lapar akan mecondongkan tubuh ke depan/ kea rah makanan dan sebaliknya jika anak kenyang.

Memperkenalkan MP-ASI pada anak harus bertahap, dimulai dari bentuk encer kemuaian ke yang lebih kental secara berangsur-angsur. Untuk pemberian pertama kali sebaiknya berikan 1 jenis saja (misal bubur tepung beras) dan berikan setelah pemberian ASI. Anda dapat memberikan MP-ASI sekaligus melatih kemandirian anak. Misalnya pada usia 9 bulan bayi sudah dapat menjimpit, anda dapat mengembangkan kemampuan tersebut dengan memberikan biscuit bayi yang bisa dijimpit oleh bayi.

Jenis MP-ASI yang bisa anda berikan diantaranya sebagai berikut:

Buah-buahan yang dihaluskan atau dalam bentuk sari buah. Misalnya pisang ambon, papaya, jeruk manis, dan tomat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari buah yang akan dikonsumsi.Makanan lunak dan lembek seperti bubur susu yang dapat dibuat mandiri dari 1.5 sendok makan tepung (bisa tepung beras, kacang hijau, atau havermut), 200ml susu cair, dan 1 sendok makan gula pasir. Semua bahan tersebut dicampur dan dimasak diatas api sedang hingga matang. Atau anda juga bisa memberikan nasi tim yang terdiri dari beras, sayur,ikan/daging, dan tempe/tahu.
Selamat mencoba