Inilah Pengertian, Jenis Matriks dan Contohnya

Jenis Matriks – Matriks merupakan bab materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran matematika SMA. Matriks sendiri adalah susunan bilangan yang diatur, baik menurut baris ataupun kolom dalam jajaran yang telah ditentukan.

Mempelajari matriks susah susah gampang, namun bukan berarti ia tidak bisa dipelajari dan dipahami. Berikut ini adalah pengertian dan jenis jenis matriks yang paling sering keluar di ujian dan berbagai soal.

Pengertian Matriks

Matriks merupakan bilangan yang diurutkan berdasarkan baris dan kolom, ada beberapa jenis matriks dan masing – masing memiliki cirinya sendiri. Dalam setiap matriks terdapat dua tanda kurung, yakni di bagian depan dan belakang matriks tersebut. Tanda kurung ini memiliki fungsi sebagai pengapit susunan anggota matriks.

Tanda kurung yang digunakan adalah tanda kurung biasa, namun bisa juga menggunakan tanda kurung siku untuk membedakannya dengan jenis elemen lain. Kumpulan elemen ini nantinya akan dibagi dua, secara horizontal yang disebut dengan baris, dan secara vertikal yang disebut sebagai kolom.

Dalam jenis matriks juga terdapat simbol, untuk baris diberikan simbol m, sedangkan untuk kolom diberikan simbol n. Penulisan matriks juga harus diperhatikan, ia ditulis menggunakan huruf capital dan huruf tebal.

Jenis-Jenis Matriks

Dilansir melalui laman resmi Bachtiarmath.com , Ada beberapa jenis matriks yang umumnya dipakai dan dipelajari dalam bab matriks, diantaranya adalah:

Matriks Kolom

Merupakan matriks yang hanya memiliki satu kolom saja, umumnya hanya memiliki satu ordo dengan simbol m x 1. m tersebut dihitung sebagai baris pada matriks tersebut. Ini merupakan matriks yang paling mudah untuk dipelajari.

Matriks Baris

Jenis matriks lainnya adalah matriks baris, matriks ini  merupakan matriks yang memiliki satu baris, namun ada beberapa kolom di dalamnya. Ordo matriks yang digunakan adalah 1 x n dengan n menghitung banyak kolom di matriks tersebut.

Matriks Persegi Panjang

Matriks persegi panjang merupakan istilah matriks dimana barisannya tidak sama dengan jumlah kolom, sehingga membentuk seperti persegi panjang. Untuk menghitung matriks ini menggunakan ordo m x n.

Matriks Persegi

Berikutnya adalah jenis matriks persegi, matriks ini memiiki kolom dan baris yang sama, sehingga membentuk persegi. Untuk menghitung ordo dari matriks ini menggunakan n x n.

Matriks Segitiga

Ada matriks lain yang memiliki bentuk seperti segitiga, dengan rumus ordo n x n. entru yang ada di matriks tersebut membentuk seggitiga, dengan diagonal paling atas bernilai 0 dan dibawahnya berisi entri matriks yang lain.

Demikianlah rincian mengenai jenis matriks dan pengertiannya. Untuk mempelajari lebih rinci terkait dengan matriks, Anda bisa bertanya kepada guru atau pengajar, membaca buku dan materinya secara terus menerus juga akan membantu Anda.