OTW – Flash sale adalah salah satu program yang diadakan oleh e-commerce untuk mendongkrak penjualan atau untuk memperingati event tertentu serta untuk memberikan penghargaan atau hadiah kepada pelanggan setianya. Flash sale ini diadakan dengan menjual satu atau beberapa produk yang diminati oleh pelanggan, memberikan harga yang rendah dibanding harga normal bahkan kadang-kadang harganya diluar nalar bisa mencapai kurang dari 50% dari harga normal. Menariknya flash sale ini menjual produk yang diminati dengan harga yang sangat murah namun waktu yang diberikan biasanya sangat singkat. Karena waktu yang sangat singkat inilah banyak masyarakat yang berebut dengan cara mengakses website atau situs e commerce di awal waktu flash sale sehingga membuat pengunjung website menjadi overload. 

Kekurangan dari flash sale ini biasanya tidak terjadi pada produsennya melainkan pada konsumen karena selama proses flash sale berlangsung konsumen akan menghadapi beberapa kendala diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Situs e commerce yang susah diakses. 

Kejadian ini dikarenakan banyaknya konsumen yang mengunjungi web atau akun e commerce tersebut yang sama-sama ingin mengikuti flash sale dan mendapatkan barang yang diincarnya. Seperti dijelaskan diatas yaitu produk yang disediakan saat flas sale terbatas, harga yang diberikan murah, dan juga waktunya terbatas membuat semua orang mengakses dalam wktu berbarengan di awal waktu flash sale tersebut maka terjadilah down pada server penjualan tersebut karena overload yang mengakses. 

2. Tidak dapat menyelesaikan transaksi

Banyak dari konsumen yang sudah berhasil melakukan klik masuk ke keranjang dan bahkan tinggal melakukan pembayaran tapi data tiba-tiba hilang karen server yang eror atau lain hal atau keduluan yang lain. 

3. Belum terbiasa ikut flash sale 

Belum terbiasa ikut flash sale juga merupakan suatu kendala tersendiri yang berarti, karena sistem flash sale sedikit berbeda dan membutuhkan waktu klik hingga pembayaran yang  cepat, jika anda belum terbiasa dan masih membaca-baca atau mempelajari sambil mengklik sudah daat dipastikan anda tidak akan kebagian barangnya, karena konsumen yang lain sudah sangat cepat dan handal. 

4. membuat kecewa  pelanggan 

Tidak sedikit pelanggan yang kecewa dengan sistem penjualan ini karena beberapa kendala diatas belm lagi ditambah nanti barang yang datang kurang sesuai denga yang diinginkan, karena waktu yang cepat membuat pelanggan kurang cermat dalam membaca spesifikasi produk sehingga berujung kecewa saat barang yang datang tidak sesuai.

Ya begitulah, harus sabar memang. Banyaknya peminat, harga yang murah, dan waktu yang singkat adalah perpaduan yang sangat kompleks yang membuat semua orang bebebut. Melihat keadaan seperti itu sebagian masyarakat ada yang memanfaatkan keadaan ini sebagai peluang usaha yaitu jastip atau jada nitip, ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah ahli, surang sering mengikuti flash sale sehingga sudah tau trik-trik agar bisa mendapatkan barang yang diincarnya. Selain itu juga mereka memiliki koneksi internet yang cepat dan menggunakan beberapa user untuk mengakses agar jika gagal satu yang lain masih bis mendapatkan. Usaha jastip ini sangat menguntungkan, cukup dengan melakukan transaksi saat flash sale yang notabene sudah ahli kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Peminat jastip ini masih tinggi juga lo, karena mengingat walaupun harga dinaikkan dari harga flash sale namun tetap dibawah harga barang yang sama yang dijual di pasaran.
.