Ini Dia Beberapa Manfaat Jeruk Untuk Tubuh – Bentuknya bundar, warnanya orange, rasanya manis dan banyak mengandung air? Yap jeruk, siapa sih yang tak kenal dengan buah satu ini. Jeruk merupakan buah yang populer dikalangan banyak masyarakat.

Selain itu buah satu ini juga disukai banyak kalangan, mulai dari orang dewasa hinga anak kecil. Selain rasanya yang enak, manis dan mengandung banyak air, buah jeruk juga baik untuk kesehatan loh.

Jeruk sendiri diketahui mengandung beberapa nutrisi diantaranya berupa Karbohidrat, Gula, Serat, Kalori, Lemak, Potasium, Protein, Vitamin C, Thiamin, Folat, Serat, Kalsium, Potasium serta dapat bersifat antioksidan bagi tubuh.

Tentunya dilihat dari kandunganya, bukan tidak mungkin bahwa buah jeruk tidak memiliki khasiat untuk kesehatan. Maka dari itu berikut beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan, diantaranya :

1. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh

Manfaat yang pertama ialah dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh kamu. Sudah bukan rahasia lagi kalo vitamin C pada buah jeruk dapat berguna dalam meningkatkan imunitas tubuh kita.

Mengkonsumsi jeruk juga dapat membantu tubuh kita terhindar dari serangan flu serta menghindari infeksi loh.

Baca juga : Manfaat buah kesemek

2. Mencegah penyakit kanker

Rutin mengkonsumsi buah jeruk dapat membantu menjaga tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, pasalnya radikal bebas berperan menimbulkan penyakit kanker.

Studi menunjukan bahwa kandungan dalam buah jeruk secara signifikan dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar loh.

3. Mengatur tekanan darah
Tak hanya kandungan vitamin C nya saja, buah jeruk juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 pada buah jeruk diketahui mendukung dalam memproduksi hemoglobin darah serta menjaga tekanan darah kamu agar tetap dalam batas keadaan normal.

Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi buah satu ini secara teratur.

4. Mengurangi kolesterol LDL

Hasil dari pada sebuah penelitian membuktikan bahwa buah dari keluarga citrus mengandung senyawa polymethoxylated flavones (PMFs), yaitu salah satu senyawa yang memiliki potensi dalam menurunkan angka kolesterol jahat.

Bahkan, dampaknya lebih efektif serta tanpa adaaya efek samping dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan.

Baca juga : Bentuk dari buah jeruk finger lime

5. Mengatur gula darah

Serat yang terkandung pada buah jeruk mampu berguna dalam menjaga tingkat gula darah tetap pada batas normal, kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara mengemil buah jeruk diwaktu sengang.

Selain itu kandungan gula alami pada jeruk juga berperan menstabilkan gula darah dan mencegahnya naik secara tiba-tiba setelah kita mengonsumsi makanan.

6. Obat alami sembelit

Jeruk mengandung serat larut dan tidak larut. hal ini tentunya akan membantu fungsi usus dan fungsi lambung guna tetap lancar saat bekerja, serta sekaligus mencegah sindrom iritasi usus.

Disamping itu, serat buah juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau konstipasi dengan sangat efektif. Untuk itu bagi kamu yang sering mengalami masalah pencernaan dan susah buang air besar, cobalah mengkonsumsi buah jeruk secara teratur.

By laurel