Wabah penyakit corona yang muncul pada tahun 2019 akhir lalu hingga kini masih saja memakan banyak korban. Semakin hari jumlah kasus pasien positif covid-19 semakin meningkat. Hal ini terbukti dari beberapa data sumber upate covid-19 yang bisa anda lihat di beberapa media massa maupun media social. Hal ini membuktikan bahwa virus corona sangat mudah menular dari berbagai hal terutama dari cairan orang yang terinfeksi. Untuk menangani meluasnya virus corona ini pemerintah akhirnya memutuskan untuk mengharuskan tindakan penyemprotan massal dan juga mengharuskan masyarakat untuk tetap mengisolasi diri di rumah. 
Adanya aturan ini benar-benar harus dipatuhi seluruh masyarakat Indonesia guna memutuskan rantai penularan dan penyebaran covid-19. Wabah penyakit corona yang saat ini terjadi ternyata membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan. Tidak hanya berdampak pada dunia kesehatan saja akan tetapi juga pada bidang-bidang lainnya seperti bidang ekonomi masyarakat. Namun dibalik dampak negative munculnya corona di Indonesia ini, ternyata ada juga dampak-dampak positif yang terjadi. Contohnya adalah seperti masyarakat menjadi lebih menjaga pola hidup sehatnya. Kebersihan juga mulai lebih diperhatikan masyarakat. 
Nah adapun wabah corona ini memiliki fakta-fakta yang terjadi selama masa penularan virus ini. Di bawah ini bisa and abaca beberapa fakta fenomena wabah virus corona. Diantaranya adalah :

1. Menyerang paru-paru

Seperti yang kita semua tahu bahwa coivd-19 menjadi virus yang menyerang sistem pernafasan pada manusia. Virus ini bisa merusak paru-paru. Bahkan hingga pasien meninggal dunia. Karenanya corona ini disebut sebagai virus mematikan. 

2. Penularan covid-19 melalui kontak langsung

Tiga hal yang menjadi jembatan penularan covid-19 adalah mata, hidung, dan mulut. Saat anda secara langsung melakukan kontak dengan orang terinfeksi virus corona maka besar kemungkinan anda akan tertular. Hal ini mengingat kontak langsung manusia akan menularkan cairan-cairan dari dalam tubuh orang tersebut seperti air liur saat bercakap, ingus ketika bersin, dan juga keringat. 

3. Harga APD kian meningkat

APD merupakan singkatan dari Alat Perlindungan Diri. Alat perlindungan ini sangat penting untuk melindungi anda dari kontaminasi virus corona yang dibawa oleh orang lain. APD sendiri ada banyak macamnya. Ada masker n-95, masker biasa, sarung tangan, pakaian APD khusus, topi anti corona, dan lain sebagainya. Alat-alat ini kini semakin langka adanya. Bahkan karena kelangkaannya, APD ini dijual dengan harga yang terbilang mahal. Bagaimana tidak, penggunaan APD yang baik adalah sekali pakai saja.Tterutama pakaian APD yang digunakan tenaga medis garda depan penanganan pasien covid-19. 

4. Sistem baru penanggulangan penularan covid-19

Di Indonesia sendiri sudah mulai diberlakukan dua sistem wajib yang harus dipatuhi oleh semua masyarakat Indonesia. Diantaranya adalah social distancing dan isolasi diri di dalam rumah. Dua sistem ini dipercaya dapat menjadi usaha memutuskan rantai penularan dari penyakit corona. Dengan begitu kasus covid-19 tidak akan mengalami peningkatan kembali. 

5. Kerentanan kematian pasien covid-19 

Memang pasien yang positif covid-19 bisa saja sembuh dengan kondisi imunitas yang baik. Namun bagi pasien positif covid-19 dengan latar belakang penyakit kompleks lainnya seperti penyakiyy jantung, ginjal, dan lain sebagainya, akan memiliki tingkat kerentanan kematian yang lebih tinggi dibanding pasien tanpa latar belakang penyakit kompleks. 
Beberapa fakta di atas yang mana terjadi saat wabah virus corona melanda negeri in, seharusnya bisa menjadi suatu pelajaran yang sangat besar bagi kita semua. Sebagai masyarakat bijak kita juga harus pandai-pandai mengambil hikmah dari adanya ujian wabah penyakit mematikan yang satu ini.