Cara Print PDF Bolak Balik

Dengan mengetahui cara print pdf bolak balik, maka Anda akan menghasilkan cetakan buku yang bagus serta menghemat kertas. Memilih mencetak menggunakan metode seperti sebuah buku tentu juga akan memberikan keuntungan berupa kemudahan dalam membacanya.

Berbagai Media Cara Print PDF Bolak Balik

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar hasil cetak menjadi bagus seperti buku. Jika ingin dengan metode otomatis, maka pastikan mempunyai jenis printer dengan dukungan duplex. Ini ada pada setiap jasa percetakan besar. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Mencetak Bolak Balik Melalui Aplikasi PDF

Seperti namanya, maka ketika hendak mencetak file ini Anda akan secara otomatis dibawa menuju aplikasi PDF reader. Software ini memiliki cara untuk melakukan percetakan yang sangat mudah dalam meniru atau melakukannya sendiri.

Caranya adalah klik CTRL + P pada file yang telah terbuka, kemudian pilih Print on Both Sides of Paper. Langkah selanjutnya adalah mengkilk Print. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses printing selesai dan kertas-kertas keluar dengan hasinya bolak balik otomatis.

  1. Mencetak Bolak Balik Melalui Aplikasi Ms. Word

Pada jasa cetak ebook profesional mereka dapat melakukan cetak melalui berbagai software. Salah satunya Word. Untuk bisa menghasilkan cetakan dengan bentuk bolak-balik, maka pastikan melakukan pengaturan dan mencentang pilihan Double-Sided Printing.

Setelah melakukan aturan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengklik tombol print atau kombinasi keyboard CTRL + P. Pada menu Pages, silahkan memilih opsi Print on Both Sides. Kemudian, file akan tercetak secara otomatis.

  1. Mencetak Bolak Balik Melalui Aplikasi Ms. Excel

Dalam cara print pdf bolak balik berikutnya bisa Anda lakukan melalui aplikasi Ms. Excel atau pengolah angka. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan penggunaan printer sudah sesuai dengan persayaratan sebelumnya, yaitu duplex printing.

Langkah-langkahnya adalah mengklik Print kemudian masuk ke menu Printer List. Pada pengaturan pilih Print on Both Sides. Selanjutnya pilih lagi Flip Sheet on Long Edge or Print on Both Sides. Setelah itu, klik Flip Sheets on Long Edge. Selesai, naskah akan tercetak dengan cara bolak balik.

Itulah sejumlah cara print pdf bolak balik. Pastikan Anda melakukan semua tata cara dengan baik dan benar agar hasil maksimal.