Pajak adalah kewajiban yang wajib dilaksanakan oleh setiap warga Indonesia. hokum membayar pajak juga sudah ditentukan di UUD perpajakan, maka jika ada yang tidak bersedia membayar pajak bisa dikenakan hukum dan pasal yang berlaku. Biaya dari pajak adalah dana yang akan masuk untuk kas Negara, kas Negara akan dikelola dan dimanfaatkan salah satunya dalam membangun sarana dan prasarana Negara, diantaranya adalah pembangunan jalan raya, jembatan sekolah dan rumah sakit. Selain pembangunan sarana dan prasarana Negara, uang hasil penarikan pajak bisa dimanfaat untuk membangun segala infrastruktur Negara, dan dimanfaatkan untuk pengeluaran yang dibutuhkan oleh Negara. Uang pajak juga digunakan untuk jenis pengeluaran yang bersifat tidak produktif diantaranya, pengeluaran untuk pertahanan negara dan untuk sumbangan kepada warga yatim piatu.

Hasil penarikan pajak sebenernya akan diberikan kepada warga negara kembali, Namun masi banyak ditemukan warga Indonesia yang masih malas membayar pajak dan sering telat untuk membayar dan melunasi biaya pajak yang ditentukan. Di zaman yang serba modern sekarang sudah diciptakan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk membayar pajak secara online dan lebih mudah. Untuk pendaftaranya pun juga sangat mudah dan tidak terlalu membuat anda kesulitan. Adapun syarat regristrasi dalam aplikasi bayar pajak online diantaranya

  • Memasukkan NIK (kartu keluarga) atau dengan NPWP (badan usaha)

Memasukkan NIk atau NPWP adalah hal yang wajib dilakukan sebagai cara pemasukan data-data anda ke aplikasi tersebut. Setelah anda memasukan data-data tersebut, maka anda akan langsung login dan masuk ke aplikasi, kemudian anda harus menunggu email yang masuk ke perangkat anda, setelah itu maka NIK atau NPWP anda sudah bisa terdaftar dan anda bisa menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi bayar pajak online sangat berguna dan bermanfaat bagi anda karena dapat membuat anda lebih mudah jika ingin membayar pajak, karena tidak perlu lagi harus dating langsung ke kantor pajak.

Apa saja jenis pajak yang bisa dibayar secara online?

  • Pajak kendaraan

Kendaraan merupakan alat transportasi yang umum dimiliki oleh warga Negara indonsia, kendaraan bisa berupa sepeda motor atau mobil. Setiap kendaraan yang di miliki setiap warga Negara akan dimintai pajak setiap setahun sekali atau saat memperpanjang STNK. Proses pembayaran pajak secara setahun sekali bisa dilakukan dengan membawa STNK asli dan fotokopi STNK, KTP asli dan fotokopian KTP, serta membawa BPKB kendaraan. Berbeda dengan pajak kendaraan lima tahun sekali, Pajak kendaraan ini biasanya dilakukan dengan pergantian plat nomor kendaraan.

Untuk proses pembayaran pajak kendaraan, anda harus memperhatikan beberapa hal penting  berikut diantaranya

  1. Melakukan regristrasi dengan mengisi informasi di aplikasi pajak, masukkan NIK, nomor kendaraan. Nomor ponsel, serta lima digit terakhir nomor rangka kendaraan, kemudian klik lanjutan.
  2. Kemudian, akan muncul tampilan informasi terkait jumlah pajak yang harus dibayar dan data kepemilikan kendaraan.
  3. Tunggu sampai anda mendapatkan kode biaya pembayaran yang berlaku hanya dalam jangka waktu dua jam.
  4. Langkah berikutnya, lakukan pembayaran sesuai ketentutuan dan konfirmasikan pembayaran untuk mendapat tanda bukti pembayaran.
  5. Anda bisa melakukan transfer pembayaran ke berbagai jenis bank yang ada di Indonesia atau sejumlah layanan pembayaran lain.
  6. Kemudian tunggu sampai e-TBKPB besrta stiker pengesahan stiker STNK akan dikirim melalui alamat yang ada di STNK anda.

 

 

 

By gerard