Cara merawat tanaman sukulen dengan mudah – Kamu mempunyai tanaman sukulen yang indah didepan pintu dan beberapa jenis tanaman lain yang tumbuh dengan subur diteras, akan tetapi tanaman succulent favorit kamu tidak terlihat baik dan sedang bermasalah. Hal ini mungkin ada dua masalah yang paling kerap terjadi ialah bagaimana penyiraman serta overwatering yang kamu lakukan dan bagaimana perawatanya.

Umunya kamu akan melakukan penyiraman secara rutin pada tanaman, akan tetapi umumnya masalah tidak akan mudah selesai hanya dengan melakukan kegiatan tersebut. Lantas bagaimana jika tanaman sukulen kamu sekarat akibat terlalu banyak menyiram air.?

Kamu pikir dengan menyiram tanaman secara rutin maka akan membuat tanaman sukulen cepat tumbuh subur dan lebat. Akan tetapi kenyataanya tidak begitu, karena beberapa jenis sukulen ada yang tidak menyukai banyak air dan lebih suka jarang disiram. Mungkin kamu harus mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk merawat tanaman sukulen agar tidak mudah mati.

Mencari media tanaman yang bagus

Media tanam sukulen yang bagus tidaklah menggumpal dan padat, bisa meresap air dengan baik dan dapat mengaliri air kebawah sehingga tidak menggenangi tanaman.

Cari tahu warna tanaman

Umunya daun sukulen yang berada pada bagian bawah alias pangkal akan berwarna coklat sedangkan untuk batang dan daun secara menyelurun akan terlihat membengkak serta seperti licin saat akan disentuh dan bukanya kaku.

Baca juga :

Daun tanaman tentunya akan terlihat lebih terang maupun seperti tembus pandang, hal ini bisa disebabkan oleh kelebihan air yang merusak dinding sel tanaman.

Merawat tanaman sukulen dengan Mengatur pencahayaan

Tah memulu kamu harus memperhatikan penyiraman dengan dilakukanya pengingat harian. Karenanya kebanyakan tanaman hias sukulen akan membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup dan tidak terpapar secara langsung terbuka.

Jadi kamu harus juga memperhatikan berapa lama tanaman terkena sinar matahari di setiap harinya.

Mengeringkan menida tanam

Mengeringkan media tanam tak harus dengan melakukan pembongkaran, kamu bisa melakukanya dengan cara mencari campuran media kompos yang pas sehingga air tidak menggenang dan dapat langsung mengalir kebagian bawah pot melalui drainase.

Selain itu pastikan lubang-lubang pot tidak tersumbat dalam hal mencegah air mengenang.

Cara merawat sukulen yang Overwatered

Jika akar tanaman sudah benar-benar pembusukan, maka baiknya buang semuanya, jika masih ada bagian batang yang bagus dan tidak busuk segera lakukan pemotongan atau pemisahan.

Karena beberapa jenis tanaman sukulen dapat tumbuh dengan beberapa potongan daun dan batang yang masih baik serta tidak busuk.

Pengairan

Cara satu ini cukup penting untuk kamu lakukan, karenanya jika tidak, mungkin kamu akan mengalami beberapa masalah overwatering baik sekarang maupun nanti.

Diketahui ada dua cara dalam upaya melakukannya: yang pertama memanfaatkan ukuran pot lebih besar dan meletakan krikil ataupun sejenisnya. Lalu kemudian letakan tanaman succulent kamu di atasnya sehingga hal ini akan membuat akarnya tidak harus tergenang air setiap kali kamu akan menyiram.

Dengan campuran krikik akan membuat akar tidak mengenang di air atau terendam secara menyeluruh.

Cara kedua kamu membutuhkan meida tanam yang pas

Baca juga :

Menukar media tanam

Jika sukulen kamu yang sudah tumbuh subur, dan baru dibeli di toko atau punya sendiri, kamu mungkin tidak perlu merubahnya secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan alga dan mikroba didalam media sudah pas dan cocok dengan tanaman kamu.

Sehingga hal yang perlu kamu lakukan ialah untuk membersihkan sisa daun yang rontok dan menambah beberapa tanah di permukaan bagian atasnya saja.

Dalam situasi yang tidak terlalu buruk, succulent kamu yang ditanam dalam campuran pot biasa, lebih baik kamu mencari campuran media tanam yang pas dan sesuai. Contohnya ambil saja tiga bagian tanah pot, dua bagian pupuk kotoran dan satu bagian perlit, campuran ini memberikan drainase dan ventilasi yang baik.

Cara merawat tanaman sukulen

Kamu dapat menukar dua bahan terakhir dengan menggunakan pasir dan batu apung dan jika kamu tidak mempunyai banyak waktu, kamu bisa membeli media tanam yang sudah disediakan.

Jika kamu ingin memperbanyak tanam sukulen maka kamu bisa melakukanya dengan menggunakan daun maupun batangnya. Karena dalam beberapa hari daun dan batangnya akan mengeluarkan tunas baru.

By laurel