Cara Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan Dengan Tepat

Ketika si kecil tela menginjak usia 4 bulan, pasti terdapat banyak perubahan dan perkembangan dibandingkan dengan sebelumnya bukan? bayi 4 bulan biasanya mulai tertarik dengan berbagai macam hal di sekitarnya yang menarik perhatian. Bukan hanya itu saja, mereka pun juga sudah menunjukkan berbagai macam emosi.

Mereka juga akan ikut tersenyum apabila anda tengah mengajaknya untuk mengobrol. Mereka juga sudah mampu berceloteh walaupun 1 2 patah kata karena ini merupakan cara mereka untuk melakukan komunikasi. Tidak sampai disitu saja, gerakan tangan maupun kepala si kecil juga sudah mulai stabil.

Cara mengoptimalkan perkembangan bayi 4 bulan

Pada usia 4 bulan inilah, sebaiknya para orang tua juga mengetahui bagaimanakah cara buat mengoptimalkan perkembangan mereka. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan stimulasi yang baik maka tumbuh kembang mereka akan lebih baik. Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan perkembangan mereka.

  1. Cobalah lebih sering mengajaknya bermain dan berbicara

Seperti yang sudah kita jelaskan, bayi 4 bulan memang sudah mulai menunjukkan keaktifannya. Bukan hanya itu saja, mereka pun juga sering merasa senang untuk memperhatikan orang-orang yang ada didekatnya.

Untuk itulah, sebaiknya orangtua juga harus sering melakukan interaksi dengan mereka. Cobalah mengajaknya bermain-main hingga mengobrol bersama. Disinilah, si kecil pasti mulai tersenyum bahkan tertawa. Ini juga dapat membangun kedekatan dengan orang-orang disekitarnya.

  1. Memberikan respon suara yang sudah mereka keluarkan

Apabila si kecil mengeluarkan suara-suara seperti ocehan maupun gumaman, maka sebaiknya anda tidak boleh mengabaikan begitu saja. Cobalah untuk memberikan respon kepada mereka sedang mengeluarkan suara-suara. Dengan cara inilah, maka akan membuat mereka merasa dilindungi dengan kehadiran anda.

Jangan sampai anda membiarkan mereka merasa dibiarkan ketika tengah berceloteh. Pasalnya kondisi seperti ini justru hanya akan membuat mereka merasa tidak nyaman sehingga akan lebih mudah untuk menangis.

  1. Respon emosi yang ditampilkan dengan empati

Cara mengoptimalkan perkembangan bayi 4 bulan berikutnya adalah dengan memberikan respon emosi sambil menunjukkan empati. Sebagai contohnya, apabila mereka tampak sedikit setela menangis, maka anda bisa mencoba untuk memberikan respon seakan merasakan kesedihan yang sama. Cara ini ternyata juga bermanfaat untuk membangun rasa saling percaya diri.

  1. Lebih banyak waktu tummy time

Cara mengoptimalkan perkembangan bayi usia 4 bulan terakhir adalah dengan lebih banyak waktu tummy time. Karena pada usia ini otot kepala mereka sudah kuat dan stabil. Anda dapat mencoba memberikan mainan agar bisa dijangkau oleh mereka. Dan jangan lupa untuk membuat suasana yang nyaman.

Dengan keberadaan moms didekat si kecil memang akan membuat mereka merasa nyaman dan merasa dihargai. Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 4 bulan.

By gerard