kwh listrik

Cara Menghitung KwH Listrik Prabayar

Listrik prabayar diprediksi memiliki sistem yang lebih mudah namun tetap tidak berguna jika Anda tidak mengetahui cara menghitung konsumsi listrik yang benar.

Mungkin Anda mengira listrik prabayar hanya sebatas membeli token nominal tertentu, setelah itu Anda hanya perlu menunggu sampai habis lalu mengisi ulang lagi tanpa tahu cara menghitung kwh listrik.

Tidak ada salahnya berpikir seperti ini, kecuali jika Anda ingin lebih menghemat listrik. Listrik prabayar memiliki rumus perhitungan juga tidak hanya listrik pasca bayarsaja yang memiliki perhitungan. Berikut adalah cara menghitung kwh listrik prabayar.

Cara Menghitung KwH Listrik

  1. Dengan Perangkat Elektronik

Jika Anda sudah mengetahui grup listrik Anda, sekarang saatnya beralih ke perangkat elektronik di rumah Anda. Catat konsumsi yang diperlukan dari setiap perangkat elektronik yang Anda miliki.

Catat secara teliti supaya anda akan mendapatkan hasil presisi. Buat daftar detail kemudian pilih perangkat elektronik yang memiliki prioritas tertinggi hingga terakhir.

  1. Cara Menghitung dengan Rumus Manual

Rumus ini sebagai cara menghitung kwh listrik yang Anda beli dengan syarat untuk grup yang disebutkan di atas. Misal anda membeli token listrik seharga Rp 200.000 dan anda berada di kelas 1.300 VA (bertempat tinggal di Bandung), berikut rumus perhitungannya:

  • Biaya Administrasi

Pemotongan biaya administrasi masih berlangsung sampai saat ini. Biaya administrasi Rp 4.000, sisanya Rp 196.000.

  • Materai

Materai hanya dikenakan untuk pembelian token listrik di atas Rp250.000, biaya Rp6.000 Karena harga pembeliannya Rp 200.000 jadi tidak ada materai.

  • Pajak Penerangan Jalan (PPJ)

Nilai par yang Anda beli akan dikurangi dengan PPJ dan nilai par akan disesuaikan per wilayah. PPJ rumah tangga di Bandung adalah 6%, maka pajaknya Rp 11760.

  • Nilai token

Nilai token yang dihitung adalah Rp 196.000 – Rp 11.760 = Rp 184.240

  • Perhitungan kWh

Berapa kWh yang Anda dapatkan?

Rp 184.240 / Rp 1.467 = 125,59 kWh

Setelah anda mengetahui beberapa cara menghitung kwh listrik maka anda bisa membayarkan tagihannya melalui Arkana Pulsa. Karena di Arkana Pulsa anda bisa mendapatkan pulsa murah yang bisa anda gunakan dalam berbagai keperluan salah satunya bayar tagihan listrik ataupun beli pulsa listrik.