Cafe Rumahan Di Cimahi

Cafe Bernuansa Rumahan Di Cimahi

Cafe dengan nuansa rumahan di cimahi
Nuansa rumah ada di cafe

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari rumah adalah sebagai tempat berteduh, tempat untuk beristirahat hingga tempat yang hangat untuk bisa berkumpul dengan keluarga. Tapi tahukah kamu bahwa saat ini fungsi rumah juga digunakan sebagai cafe atau tempat nongkrong untuk sekedar menikmati secangkir kopi. Salah satunya cafe rumahan di cimahi yang merubah sebuah rumah menjadi sebuah cafe cozy yang siap menjadi tempat healing bersama orang terdekat.

Cafe Dengan Konsep Rumahan

Konsep cafe rumahan
Cafe dengan konsep rumahan yang super cozy

Setiap cafe memiliki keunikan tersendiri, baik dari dari segi konsepnya bahkan sampai tampilan furniture. Rata – rata cafe atau coffee shop berada di dalam ruko atau didirikan dari lahan kosong, banyak dari kita yang berfikir demikian. Tentu saja jika kita membuat suatu cafe yang berdiri dari nol akan mengeluarkan banyak dana. Berbeda jika kita mendirikan sebuah café yang memanfaatkan unsur dari rumah, seperti kita memanfaatkan halaman rumah atau bahkan rumah itu sendiri jika memang sudah tidak terpakai.
Saat ini masih cukup jarang ditemui cafe yang mengadopsi konsep rumahan, padahal jika kita mengusung konsep rumahan pada sebuah cafe akan membuat kesan yang nyaman untuk para pengunjung. Tak hanya itu para pengunjung akan semakin betah berlama – lama di cafe kita dan tentunya akan lebih sering membeli jualan kita.
Kangen kopi & space menjadi salah satu cafe yang mengusung konsep rumahan. Mereka memanfaatkan rumah dan lahan kosong yang sudah tidak di tempati. Dengan lahan yang luas dan bangunan yang masih bagus, mereka cukup merenovasi sedikit untuk bisa merubah konsep menjadi sebuah cafe. Walaupun cafe ini berasal dari rumah, akan tetapi konsep hingga furniture yang ada tertata dengan rapih. Mereka memilih konsep minimalis yang di terapkan untuk cafe tersebut.
Untuk menu – menu makanan dan minuman pun tidak sepenuhnya berbasis western atau Japan, mereka juga menyediakan menu – menu makanan dan minuman seperti dirumah yaitu menu nasi capcay. Kita tau bahwa capcay ada hidangan yang berbahan dasar sayuran yang biasanya hadir di dalam menu makanan keluarga dirumah. Untuk minumannya ada kopi tubruk yang biasanya disajikan pada pagi hari ditambah dengan pisang goreng.

Ide Tempat Di Rumah Yang Bisa Dijadikan Cafe

Ide – ide untuk membuat cafe di rumah
Sebuah konsep ide untuk cafe

Cafe di depan rumah
Tempat yang pertama bisa dijadikan sebuah cafe adalah di depan rumah atau sebuah halaman. Untuk saat ini ada beberapa orang yang sudah bisa memanfaatkan lahan kosong di depan rumah untuk bisa dijadikan tempat usaha sepereti cafe. Kita tidak perlu membutuhkan ruangan yang terlalu besar untuk sebuah dapur dan ketika kita akan membuat suatu hidangan baik makanan atau minuman cukup dibuat oleh satu atau dua karyawan saja.
Untuk unsur pelengkap lain seperti kursi untuk pelanggan bisa memanfaatkan sisa dari halaman rumah. Penggunaan kursi dan meja yang sederhana, simple bisa kita pakai karena tidak perlu memakan banyak space. Meja dan kursi yang minimalis bisa digunakan atau kitab isa memanfaatkan barang – barang bekas.

Cafe di dalam rumah
Konsep cafe yang kedua yaitu memanfaatkan bagian depan dan tengah rumah. Area dalam rumah bisa kita sulap menjadi cafe yang aestethic, penggunaan ruangan paling depan bisa menambah daya tarik bagi para pengunjung karena bisa dilihat langsung dari luar ruangan maupun dalam ruangan. Untuk itu kita perlu membuat jendela kaca yang besar. Tak hanya itu, hadirnya kaca yang besar di dalam ruangan akan memaksimalkan pencahayaan alami, yang akan memberikan efek terlihat lebih luas.
Sedangkan untuk furniture bisa memilih kursi dan meja yang menempel di dinding, sehingga kita bisa menghemat space yang ada. Penggunaan cat dinding yang berwarna putih, menambahkan cermin yang memiliki berbagai bentuk unik bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas. Karena kita membuat café di dalam rumah, kitab isa menambahkan berbagai lilin aromaterapi atau pewangi ruangan yang harumnya tidak terlalu menyengat sehingga memberi efek tenang kepada para pengunjung. Kita juga bisa menambahkan aksesoris lainnya yang simple dan elegant untuk ruangan cafe kita, seperti di beri hiasan buku – buku atau dried flower.