Bagaimana Cara Kirim Paket dari Taiwan?

Cara kirim paket dari Taiwan ke Indonesia sekarang ini prosesnya jadi lebih mudah. Karena sudah banyak dibantu oleh teknologi jadi tinggal mengurus sedikit perihal pemberkasan saja. Jika belum tau detailnya bisa baca penjelasan dibawah ini agar lebih mudah memahami.

Beberapa Alur Cara Kirim Paket dari Taiwan

Cara Kirim Paket dari Taiwan 1

Cara kirim paket dari Taiwan ke Indonesia saat ini sudah sangat mudah, salah satunya adalah karena adanya jasa pengiriman yang akan membantu dalam mengurus semua keperluan. Mereka juga akan menjadi pihak ketiga siap melakukan negosiasi jika dibutuhkan dalam prosesnya.

  1. Hubungi Customer Service

Langkah pertama untuk kirim paket adalah bisa datang langsung ke kantornya atau hubungi customer service dulu. Biasanya banyak orang memilih cara kedua karena ada layanan free Pick-up yang memudahkan pengantaran barang agar tidak rusak selama perjalanan.

Untuk area Taiwan sendiri Kilo.id sebagai jasa pengiriman barang sudah bisa melakukan free pick-up di beberapa kota. Misalnya New Taipei, Hsinchu, Changhua, Taichung, Tainan, Chiayi, dan masih banyak lagi. Informasi lebih detail bisa langsung kunjungsi situs resmi mereka di Kilo.id.

  1. Menghitung Harga Barang

Sesampainya barang di gudang kantor akan langsung dihitung estimasi harganya. Mulai dari penghitungan berat, volume, dimensi, jarak lokasi pengantaran. Semakin besar berat maka akan semakin murah harganya. Jadi jangan takut jika akan kirim barang dalam jumlah banyak.

Selama menunggu proses penetapan harga itulah Anda bisa mempersiapkan dokumen-dokumennya. Jika masih belum tahu hal apa saja harus dipersiapkan, bisa minta bantuan dari customer service dari pihak jasa pengiriman. Mereka akan membantu dengan sepenuh hati.

  1. Packing Barang

Walaupun barang sudah dipacking secara benar di rumah bisa saja dari pihak pengiriman akan melakukan packing ulang. Tujuannya adalah agar sesuai dengan standar internasional seperti menambahkan kayu untuk jenis barang pecah belah.

Jika memang akan dilakukan packing tambahan biasanya pihak pengiriman juga akan minta persetujuan dari pihak pengirim. Karena nantinya bisa saja ada biaya tambahan juga agar lolos standar packing dan barang sampai di tempat penerima dengan selamat. Juga tidak melukai barang lainnya di perjalanan.

  1. Pembayaran

Sudah selesai semua urusan mulai dari perhitungan biaya sampai dengan pelengkapan dokumen. Anda tinggal melakukan pembayaran, bisa lewat rekening atau cash. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kesepakatan dengan jasa pengirim. Tanyakan juga soal biaya tambahan jika ada.

Biasanya agar barang bisa sampai dengan selamat sampai tujuan biasanya ada harga tambahan, seperti pemeriksaan bea cukai. Apalagi jika paket dalam jumlah banyak dan cukup besar, maka ada sistem perhitungan dari pihak bea cukai.

  1. Shipping atau Pengiriman

Tahapan terakhir adalah shipping atau pengiriman. Sebelum ini nantinya akan ada metode yang harus dipilih seperti lewat jalur transportasi udara ataupun laut. Sebenarnya darat juga bisa, tapi masih terlalu jarang dan butuh waktu lama juga untuk bisa sampai.

Jalur udara dan laut, masing-masing pastinya punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya dari segi biaya juga estimasi waktunya. Jika memang mendesak dan harus segera sampai maka moda trasnportasi udara adalah pilihannya.

Selama ini kegiatan impor atau kirim paket dari Taiwan ke Indonesia sudah sering dilakukan, jadi ada banyak informasi untuk bisa jadi petunjuk jika masih belum tau pasti caranya. Yang terpenting adalah jangan sampai salah memilih jasa pengiriman, itu adalah kuncinya.