Roots blower adalah mesin yang bertugas untuk menghisap udara dari satu tempat melalui inlet slincer dan mengalirkannya ke tempat lain serta dikeluarkan melalui outlet slincer. Mesin ini banyak digunakan di dunia industri, misalkan blower wwtp atau waste water treatment plant. Roots blower pada sistem pengolahan limbah berguna sebagai penyuplai oksigen di tempat penampungan sementara limbah sebelum dibuang. Jika Anda penasaran mengapa sebuah penampungan limbah membutuhkan oksigen, berikut penjelasannya. 
Pada penampungan limbah ini terdapat bakteri pengurai yang tugasnya menguraikan zat berbahaya yang terkandung dalam limbah, bakteri ini akan terus menguraikan zat berbahaya dalam limbah sampai limbah ini benar-benar layak dibuang dan tidak mencemari lingkungan. Bakteri pengurai ini membutuhkan oksigen yang sangat besar dalam proses penguraian limbah tersebut, di sinilah peran roots blower dibutuhkan yaitu sebagai penyuplai oksigen bagi bakteri.

Industri Yang Membutuhkan Roots Blower

Selain untuk mengelola limbah, ada berbagai macam industri yang membutuhkan roots blower dalam proses produksinya. Fungsi mesin ini yang sangat banyak membuat roots blower mudah masuk ke dalam berbagai industri. Industri yang sering memanfaatkan roots blower antara lain ;
  • Industri Perikanan

Dalam industri perikanan dalam hal ini peternakan ikan, roots blower berguna untuk menyalurkan oksigen ke dalam air sehingga air ini mengandung banyak oksigen terlarut, proses ini disebut dengan proses aerasi. Dengan kualitas air yang baik maka industri ternak ikan bisa berjalan dengan lancar karena sesungguhnya merawat ikan sama saja dengan merawat kualitas airnya. Jika kualitas air yang digunakan untuk hidup ikan sangat baik maka pertumbuhan ikannya pun juga akan semakin baik. Sama seperti blower wwtp, fungsi roots blower di sini adalah membantu menjaga ekosistem air sehingga bakteri bisa tumbuh dengan baik dan jumlah oksigen terlarut semakin banyak.
  • Industri Tambang

Hampir semua industri tambang sangat membutuhkan hadirnya roots blower di dalam sistem produksi mereka. Beberapa hal bisa dilakukan oleh mesin ini sebagai penunjang produksi pada industri tambang. Tetapi fungsi yang paling vital sebuah roots blower pada industri tambang adalah untuk menyalurkan gas metana atau gas lain yang bersifat eksplosif atau gampang meledak. Gas berbahaya ini nantinya akan disedot dan disalurkan ke tempat tertentu untuk dibuang ke tempat aman atau diolah lagi menjadi bahan bakar. Bayangkan jika tidak ada roots blower, kegiatan tambang akan selalu dihantui ledakan akibat gas metana atau gas lain.
  • Industri Pengolahan Makanan

Karena daya hisap dan tekanan dari roots blower ini sangat stabil, mesin ini juga sangat dibutuhkan oleh industri pengolahan makanan. Roots blower dalam industri ini memiliki tugas yang sangat vital yaitu mencampur semua jenis bahan dengan komposisi yang sudah diatur secara akurat. Jika sedikit saja kesalahan terjadi pada mesin ini, bukan tidak mungkin komposisi sebuah makanan akan berbeda dibanding biasanya. 
Karena vitalnya peran roots blower pada industri pengolahan makanan, biasanya para pelaku industri ini akan memanfaatkan teknologi terbaru dari sebuah roots blower. Banyak sekali agen roots blower Jakarta yang memiliki keunggulan masing-masing setiap produk yang mereka tawarkan, hal ini membuat pelaku industri pengolahan makanan mempunyai banyak opsi untuk memilih produk yang terbaik.
Meskipun cara kerja sama, namun fungsi blower wwtp dan blower yang digunakan pada industri pengolahan makanan jelas memiliki fungsi yang berbeda. Untuk roots blower yang digunakan pada industri makanan tentu saja membutuhkan banyak penyesuaian karena bahan baku tidak boleh terkena air dan tercampur zat lainnya.