Apa efek yang dimiliki obat satu sama lain

Seperti telah diketahui, interaksi obat terjadi ketika efek dari satu obat berubah ketika dikombinasikan dengan efek dari obat lain, makanan, minuman, atau serangkaian keadaan tertentu. Saat ini, tidak sulit untuk membeli obat dengan menggunakan apotek online. Namun demikian, sangat penting bahwa anda memilih obat yang dapat diandalkan dari apotek terkemuka dan resmi.
Tubuh dapat menyerap obat kurang efisien sebagai akibat dari interaksi obat, dan individu juga dapat mengalami lebih banyak efek samping sebagai akibat dari bahan aktif obat. Mungkin juga bagi pasien yang minum obat akan mengalami efek samping yang tidak terduga. Berikut ini adalah daftar beberapa efek samping potensial yang dapat dihasilkan dari interaksi antar obat.

1. Interaksi antara obat yang berbeda

Ketika seseorang mengkonsumsi dua atau lebih obat pada saat yang sama, potensi interaksi obat-obat yang berbahaya meningkat. Semakin banyak obat yang Anda minum, semakin besar kemungkinan bahwa dua atau lebih dari obat tersebut akan bereaksi buruk satu sama lain.
Interaksi obat dengan obat-obatan ini dapat menurunkan kapasitas obat untuk mengobati penyakit dan meningkatkan risiko efek samping obat. Misalnya, jika Anda minum obat yang memiliki efek samping kantuk, minum dua dosis obat itu sekaligus dapat menyebabkan tingkat kantuk Anda meningkat 100%.

2. Interaksi antara obat-obatan dengan makanan dan minuman

Topik berikut adalah interaksi obat dengan makanan atau minuman. Sudah menjadi rahasia umum bahwa obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan sekitar waktu makan atau minum apa pun. Satu-satunya kelemahan potensial adalah bahwa minum teh sambil juga mengonsumsi suplemen zat besi dapat menyebabkan lebih sedikit zat besi yang diserap oleh tubuh.

3. Interaksi penyakit dengan obat-obatan

Dan akhirnya, ada interaksi antara penyakit dan berbagai obat. Misalnya, penggunaan obat-obatan tertentu telah terbukti memperburuk gejala penyakit lain. Salah satunya adalah fakta bahwa mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid dapat meningkatkan keparahan gejala yang dialami oleh orang yang sudah memiliki gangguan lambung.
Ketika seseorang dengan gangguan hati mengkonsumsi obat, ada risiko mereka memiliki interaksi obat yang merugikan dengan penyakit. Ketika seseorang memiliki masalah dengan hati mereka, ada kemungkinan lebih besar bahwa mereka akan menjadi diracuni oleh obat-obatan karena hati mereka tidak dapat menghilangkan racun dengan efektif. Risiko ini dapat meningkat, khususnya ketika mengkonsumsi obat-obatan yang memerlukan beberapa bentuk pemrosesan oleh hati.

Saat membeli obat dari toko obat online terlengkap, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker atau dokter untuk mengurangi dampak interaksi obat yang mungkin terjadi. Apotek24Jam menyediakan fitur konsultasi gratis dengan Apoteker berpengalaman, yang dapat anda manfaatkan untuk berbagai keluhan.
Anda dapat menanyakan tentang apa saja mulai dari dosis yang dianjurkan hingga potensi efek samping obat, serta teknik pemberian yang tepat. Dengan demikian, adalah mungkin untuk mengurangi risiko interaksi obat yang merugikan, yang membahayakan kesehatan tubuh. Terutama jika Anda berencana untuk memberikan obat kepada anak-anak atau bayi dan Anda membelinya secara online. Silakan pergi ke apotek24jam.id segera untuk informasi lebih rinci mengenai obat-obatan dan jenis peralatan medis lainnya.