6 TUGAS WEDDING ORGANIZER

Peran wedding organizer sangat menentukan untuk menyukseskan acara pernikahan tersebut. Tugas dari wedding organizer adalah mengajak calon pengantin untuk menjadi wedding impian dan memastikan seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar.

Pekerjaan ini sangat menantang karena membutuhkan kepribadian yang komunikatif, ramah, rendah hati, tanggap, dan tentunya rajin.

Berikut ini adalah tugas penting seorang wedding organizer (WO) dalam mendampingi calon pengantin.

1. Merencanakan konsep dan tema pernikahan

WO profesional biasanya menyediakan paket khusus untuk memudahkan calon klien memilih. Paket tersebut mencakup konsep program yang diinginkan. Ingin bikin acara bertema khusus atau resepsi pernikahan dengan konsep zaman modern.

Kami juga menyediakan layanan wedding organizer yang sudah berpengalaman, Anda bisa kunjungi situs kami di undanganmagelang.com silahkan bisa di cek.

WO dan calon klien mendiskusikan tema pernikahan yang diinginkan oleh calon pengantin, maka WO akan menjelaskan setiap proses yang perlu diikuti dari konsep yang dipilih. WO yang sudah memiliki jam terbang tinggi bisa memberikan ide kepada kliennya tentang kelebihan dan kekurangan dari konsep yang dipilih.

2. Mempersiapkan susunan acara

Setelah konsep dan tema acara sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat jadwal. WO akan memulai acara dari awal hingga akhir. Pengaturan ini kemudian dikirim ke klien. Jika klien memiliki keinginan lain, WO akan mengakomodasi mereka.

Selain itu, WO juga akan meminta bantuan di acara pernikahan seperti pengiring pengantin dan resepsionis. Klien juga akan meminta dekorasi dan perlengkapan lainnya. Hanya dengan begitu WO dapat menghitung dana yang dibutuhkan.

3. Membuat rincian anggaran

Meminta alokasi budget yang disediakan oleh calon pengantin merupakan salah satu tugas penting seorang wedding organizer. Dana yang terkumpul oleh klien menjadi acuan bagi WO untuk merencanakan acara sesuai dengan keinginan mereka.

Pada tahap ini kemampuan negosiasi tim WO sangat penting yaitu memberikan harga kepada vendor agar dapat menyenangkan klien.

4. Mencari lokasi pernikahan

Setelah dana tidak lagi menjadi masalah, tim WO dapat mencari lokasi pernikahan yang sesuai dengan konsep dan tema yang mereka pilih. WO akan memastikan bahwa tempat pernikahan memenuhi kebutuhan klien.

Untuk itu, tim WO akan mengunjungi beberapa lokasi, meminta detail harga sewa dan ketersediaan gedung pada tanggal yang telah ditentukan, kemudian mengirimkan informasi tersebut kepada klien. Jika klien setuju, mulailah tugas penyelenggara festival adalah memberikan informasi kepada semua vendor, mulai dari fotografer, videografer, dan dekorasi sehingga semua orang dapat melakukan survei situs.

Pertemuan antara cara teknis, klien, dan semua vendor juga harus diadakan untuk tugas agar lebih jelas.

5. Mengorganisir jalannya acara pernikahan

Hari pernikahan sedang menunggumu. Jika sebelumnya WO bekerja keras untuk mempersiapkan segala sesuatunya, maka hari ini tanggung jawabnya akan semakin besar. Tim WO harus tiba di lokasi terlebih dahulu dan membuat pengaturan akhir sesuai pembagian tugas masing-masing anggota panitia partai.

Dia harus memastikan bahwa semua anggota keluarga, pengantin wanita, dan penyelenggara mengetahui jadwal tersebut. Berhasil tidaknya acara sangat bergantung pada kerja tim WO.

6. Menyelesaikan tugas setelah acara

Tugas WO tidak berhenti begitu resepsi pernikahan selesai. Setelah acara selesai, WO bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengirimkan surat, hadiah, dan mas kawin milik kedua mempelai di rumah. Selain itu, WO juga harus bisa memastikan keamanan kotak amplop yang digunakan selama acara berlangsung.