Buah kesemek, ada yang tahu? Walau tidak sepopuler buah-buahan di Indonesia, Namun buah satu ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh.  Kesemek berbedak

Kesemek adalah buah yang diketahui berasal dari Tiongkok dan telah dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu. Untuk kamu yang ingin tahu rasanya, buah kesemek mempunyai rasa yang manis seperti madu.

Namun beberapa kesemek di Indonesia para petani biasa membudidayakan kesemek yang mempunyai rasa sepet atau kelas dengan manis yang kurang.

Walu ukuranya terbilang mungil, namu buah satu ini menyimpan banyak kandungan nutrisi didalamnya, diantaranya ada kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B6, Kalium, Tembaga, Mangan, Folat, Magnesium, dan Fosfor

Selain itu ada pun senyawa antioksidan seperti tanin, flavonoid, dan karotenoid.

Berikut beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit kanker

Buah kesemek adalah buah yang termasuk kaya akan kandungan antioksidan. Sedangkan antioksidan diketahui dapat berguna dalam memperlambat kerusakan sel dan menangkal paparan radikal bebas.

Radikal bebas yang berasal dari lingkungan bisa merusak sel sehat hingga akhirnya memicul sel kanker serta merusak sistem organ lainya.

2. Mencegah berbagai peradangan

Buah satu ini memiliki kandungan senyawa anti-radang yang diektahui bisa membantu mengatasi masalah peradangan pada tubuh. Dan hal ini tentu saja karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya.

Selain itu Vitamin C pada buah juga mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil.

3. Meningkatakan penglihatan mata

Adanya kandungan vitamin A dalam buah kesemek yang tak kalah penting untuk kesehatan. Kesemek diketahui mengandung sekitar 55 persen asupan vitamin A dari yang dibutuhkan.

Vitamin A adalah komponen penting dari rhodopsin, yaitu salah satu protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga penglihatan agar tetap normal.

Selain itu adanya kandunga lutein dan zeaxanthin pada kesemek juga dapat mengurangi risiko penyakit mata, termasuk degenerasi makula dan katarak.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi buah kesemek secara teratur diketahu berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Terdapatnya kandungan asam askorbatnya yang dapat mencapai 80 persen dari kebutuhan vitamin C harian tubuh. Caranya dengan meningkatkan produksi sel darah putih sebagai tameng atau oerlindungan tubuh dari infeksi mikroba, virus, jamur, dan racun.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Seperti buah-buahan lainya diaman buah kesemek adalah buah yang kaya akan serat baik untuk tubuh.

Serat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya, mengatasi sembelit, mencegah feses mengeras, mencegah infeksi usus, mengurangi penyerapan kolesterol dan masih banyak lagi khasiatnya.

6. Baik untuk jantung

Lengkapnya kadungan nutrisi pada buah kesemek yang membuatnya dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan organ jantung. Buah satu ini juga mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol yang baik untuk kesehatan.

Di samping itu, flavonoid juga berperan dalam membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi peradangan.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah kesemek untuk kesehatan tubuh.

Sumber : healty99

By laurel