wisata air terjun di malang

Wisata air terjun di Malang memang tak ada habisnya untuk di eksplor. Satu per satu wisata air terjun dikembangkan mulai dari akses hingga pengelolaan tempat wisata itu sendiri. Banyak wisata alam utamanya air terjun yang cantik untuk dijadikan spot fotografi. Dari beberapa air terjun di Malang ini mungkin ada salah satunya yang sudah pernah anda kunjungi. Bagi anda yang belum pernah berwisata alam di Malang, anda harus membaca info ini sampai selesai.

Air Terjun Coban Tundo

wisata air terjun di malang
Photo by: @nurimalita

Coban dalam bahasa indonesia diartikan sebagai air terjun. Air terjun coban tundo ini terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Coban yang relatif baru ini cocok untuk anda yang sedang mencari ketenangan, karena tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk datang kesini anda hanya perlu mengikuti jalan utama menuju pantai Malang Selatan dan mengikuti petunjuk arah yang mengarah ke Coban Tundo. Tiket masuk ke wisata air terjun ini sebesar 5.000 rupiah dan parkir sekitar 2000 rupiah.

Air Terjun Coban Pelangi

wisata air terjun di malang
Photo by: @abi_sulma

Air terjun yang sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan lokal adalah air terjun coban pelangi ini. Terletak di lereng gunung Semeru, suhu udara di kawasan ini mencapai 19-23 derajat celcius. Tepatnya berada di Desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusumo, Malang. Waktu yang paling tepat untuk datang kesini adalah pagi hingga siang hari karena udara sejuk saat pagi dan biasan cahaya yang memantul ke air terjun terlihat seperti pelangi. Harga tiket masuk di tahun 2021sebesar 15.000 rupiah. Buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 sore.

Baca juga: paket wisata malang murah

Air Terjun Tumpak Sewu

wisata air terjun di malang
Photo by: @fhramrdn

Coban atau Air terjun Tumpak Sewu ini berada di perbatasan Malang dan Lumajang. Air terjun yang juga dikenal dengan Coban Sewu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Banyak yang menyebutnya dengan Niagara-nya Jawa Timur. Jika sedang cerah, anda bisa melihat pemandangan Gunung Semeru dari kejauhan. Hanya saja untuk mencapai bawah air terjun, anda harus melewati jalan setapak dengan medan yang cukup ekstrim. Lokasi ini sempat viral bahkan sampai saat ini masih banyak yang mengunjungi air terjun tumpak sewu ini hanya untuk sekedar berfoto. Biaya tiket masuk lokasi ini seharga 5.000 rupiah dan parkir sekitar 5.000 – 10.000 rupiah.

Coban Ciblungan

wisata air terjun di malang
Photo by: @andhkafirman14

Coban yang indah selain tiga coban di atas adalah Coban Ciblungan. Sama dengan Tumpak Sewu, wisata ini berada di perbatasan antara Malang dan Lumajang, yaitu desa Purwoharjo, Ampelgading, Malang. Untuk mencapai air terjun anda perlu sedikit trekking sekitar 50 meter dari tempat parkir. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, namun terdapat beberapa titik yang mengalir ke bawah sungai.

Coban Jahe

wisata air terjun di malang
Photo by: @arista_kartika

Air terjun coban jahe terletak di Dusun Begawan, Kecamatan Jabung, Malang. Air terjun yang dari tahun ke tahun mengalami perbaikan wisata ini semakin cantik dan ramai dikunjungi. Selain berfoto dengan background yang cantik, anda bisa menikmati beberapa permainan yang disewakan disini. Seperti flying fox dan river tubing. Tiket masuk area ini sebesar 10.000 rupiah. Pastikan kendaraan anda kuat digunakan dalam medan tanjakan. Di area coban jahe juga terdapat cafe unik dan spot-spot kekinian yang bagus untuk dijadikan latar belakang foto.

Itu tadi 5 wisata air terjun terbaik untuk dijadikan lokasi fotografi baik bagi amatir maupun profesional. Adakah salah satu dari 5 di atas yang pernah anda kunjungi? Jika anda belum pernah mencoba kesana sama sekali, anda harus lihat paket wisata malang 4h3m yang disediakan oleh agen travel. Anda bisa menyesuaikan program liburan yang anda inginkan dibantu oleh tour planner. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat anda sampai di Malang dan mulai mengeksplorasi tempat wisatanya. Sampai jumpa di Malang.

By travel