5 Manfaat Susu Untuk Lansia yang Susah Makan

Saat merawat lansia memang diperlukan kesabaran dan ketelitian karena tubuh lansia sangat rentan terserang penyakit. Ada kalanya lansia susah makan, karena itu terkadang kita perlu membuatkan susu untuk lansia yang susah makan agar nutrisinya tetap terpenuhi.

5 Manfaat Susu Untuk Lansia

Tidak semua orang tahu manfaat susu untuk lansia yang susah makan. Karena itu tidak semua orang memberikan susu untuk lansia. Berikut ini ada informasi mengenai 5 manfaat susu bagi lansia saat susah untuk diajak makan :

  1. Menjadi pancingan

Terkadang manfaat dari susu tidak hanya dari segi gizi saja, melainkan susu dapat menjadi pancingan agar lansia mau makan. Susu memiliki rasa yang dapat meningkatkan nafsu makan pada lansia karena rasa manis yang menggugah selera.

Selain itu sebenarnya susu hangat dapat membuat sistem pencernaan menjadi nyaman sehingga hal tersebut dapat menjadi pemicu nafsu makan lansia. Berikan susu hangat setiap akan makan pagi, siang, dan malam agar lansia bersemangat untuk makan.

  1. Mencegah osteoporosis

Susu juga bermanfaat untuk lansia karena dapat mencegah osteoporosis. Jika kita memberikan susu khusus untuk lansia, maka kebutuhan gizi seperti vitamin D dan kalsium dapat terpenuhi meski tidak makan. Namun diharapkan susu menjadi pelengkap saat lansia makan dan bukan menjadi makanan pokok pengganti makan.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Susu pada lansia biasanya mengandung probiotik seperti yang ada pada yoghurt. Salah satu fungsi dari probiotik adalah menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang akan merusak sistem pencernaan.

Padahal seperti yang kita ketahui bahwa pada tubuh lansia terjadi penurunan kemampuan fungsi tubuh, sehingga jika sistem pencernaan bermasalah maka akan mudah terjadi diare atau konstipasi (BAB Keras).

Oleh karena itu sangat penting susu diberikan pada lansia. Jika sistem pencernaan sehat secara otomatis akan meningkatkan nafsu makan pada lansia. Kenali penyebab lansia malas untuk makan dan gunakan susu sebagai pengganti makan sementara hingga sistem pencernaan kembali pulih.

  1. Meningkatkan imunitas

Susu tidak hanya mengandung kalsium atau vitamin penguat tulang saja melainkan ada kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B6 dan B12 dapat meningkatkan kekebalan tubuh lansia.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Susu khusus lansia mengandung Omega 3 ALA yang dapat menyehatkan jantung. Berikan susu secara teratur saat makan agar omega 3 ALA dapat masuk ke dalam tubuh untuk menutrisi jantung.

Itulah tadi 5 manfaat susu untuk lansia yang susah makan yang harus kita ketahui. Kenali penyebab lansia sulit makan adalah cara terbaik untuk menyelesaikan pemenuhan kebutuhan nutrisi. Oleh karena itu setelah mengetahui masalah diharapkan pemberian susu ini akan meningkatkan nafsu makan dan melengkapi kebutuhan gizi lansia.

By gerard