4 Penyebab Perut Kembung Pada Buah Hati Tercinta

Ada banyak penyebab perut kembung pada bayi, berbagai faktor yang mempengaruhinya dan membuat bayi tidak nyaman akan hal tersebut. Selaku orang tua mulai harus memahami dan mengetahui kondisi si buah hatinya. Karena dengan begitu dapat mencari solusi terbaik untuk dapat menyembuhkannya dan membuat bayi kembali sehat.

Dalam hal ini Anda dapat melihat dari kebiasaan dan makanan yang dikonsumsinya, jika Anda memberikan makanan tertentu dan membuat kembung lebih baik untuk dihindari. Hal ini bisa dikatakan normal dan sering terjadi pada bayi. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan bayi mengalami kembung? Untuk lebih jelas, simak beberapa ulasan lengkapnya.

Penyebab Kembung Pada Bayi

Ada beberapa penyebab yang menjadi bayi sering mengalami perut kembung, dalam hal ini kami akan memberikan beberapa ulasan secara lengkap. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab yang akan terjadi, yaitu :

1. Menangis

Semakin banyak dan sering bayi menangis akan menyebabkan udara yang masuk terlalu banyak dan terhalang untuk keluar kembali, hal inilah yang menyebabkan kembung. Untuk itu jika si kecil sedang menangis akan lebih baik untuk tidak membiarkannya dan langsung menenangkannya agar tidak menangis berlebihan.

Dalam menangis si kecil otomatis membuka mulut dan tanpa disadari hal tersebut membuat bayi menghirup udara terlalu banyak dan berakhir kembung.

2. Menyusui

Pastikan Anda melakukan dan memilih posisi menyusui yang nyaman, karena jika Anda sembarangan dalam menentukan posisinya akan menyebabkan bayi akan kembung. Dengan begitu tentunya Anda harus benar-benar memilih posisinya secara pas dan tepat, agar bayi tidak terlalu banyak menghirup udara dari posisi yang salah tersebut.

Tidak hanya itu saja penyebabnya, jika Anda memberikan susu dengan botol perlu diperhatikan dalam memberikannya. Jika aliran atau lubangnya terlalu besar membuat aliran semakin deras dan akan menyebabkan kembung pada si kecil.

3. Pencernaan

Si kecil memang lebih rentan mengalami permasalahan perut kembung dan hal itu sudah wajar terjadi. Selain karena kebiasan, perut kembung juga bisa disebabkan oleh saluran dalam pencernaan yang belum bisa normal dan matang. Sehingga menyebabkan saluran gas yang seharusnya keluar malah berada pada perut dan mengakibatkan kembung.

4. Program Mpasi

Tidak ada salahnya dalam MPASI, tetapi ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kembung pada anak Anda tersebut. Dalam hal ini Anda harus memperhatikannya, karena mengalami kembung membuat si kecil akan merasa tidak nyaman. Oleh karena perlu diperhatikan terlebih dahulu dan pilih makanan yang tidak menyebabkan kembung. Dalam hal ini Mpasi tidak salah, namun Anda harus lebih teliti dalam memilih makanannya saja.

Demikianlah pembahasan penyebab kembung pada balita dan anak Anda dirumah, hal ini wajar dan Anda dapat mengantisipasinya.  

By gerard