Diuntungkan Pertarungan Internal Partai Demokrat, AHY Masuk 4 Besar Capres  2024 - Pikiran Rakyat Tasikmalaya

Salah satu manfat dari membaca berita adalah anda akan mendapatkan pengetahuan dan juga informasi terbaru yang sedang terjadi saat ini, termasuk berita terkini. Bicara soal politik dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan 4 berita politik nasional sebagai berikut ini :

  • 4 Kandidat Capres dari Militer, Posisi AHY Cukup Mengejutkan

Menurut hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan sosok berlatar belakang militer yang maju menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Adapun calon yang diinginkan masyarakat tersebut adalah Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gatot Nurmantyo, hingga Moeldoko. 

“Kombinasi latar belakang militer-sipil paling diminati publik 30,2 persen, dibanding sipil-sipil 26,1 persen,” kata Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno dalam keterangan yang diterima, Senin (22/2). 

Selain itu, Adi menjelaskan pihaknya meninjau elektabilitas 15 nama dari berbagai latar belakang, baik militer, sipil, ulama, hingga teknokrat. Urutan tertinggi adalah Prabowo Subianto sebanyak 22,1%, disusul AHY 5,4%, Gatot Nurmantyo 3,4% dan Moeldoko 0,2%. 

“Data elektabilitas juga menunjukkan Prabowo Subianto menjadi figur tak tergantikan dari calon berbasis militer secara konsisten memimpin kompetisi Capres 20214, baik pada skenario elektabilitas terbuka, maupun pada skenario elektabilitas tertutup,” ujar Adi. 

  • Sekjen PBB Sebut Persaingan Jelang Pemilu 2024 Makin Ketat

Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor mengakui persaingan untuk lolos parliamnetary threshold (PT) atau ambang batas parlemen pada Pemilu 2024 mendatang sangat ketat. 

Menurut Afriansyah, persaingan mulai dirasakan saat ini. Padahal, pemilu akan digelar tiga tahun mendatang. Selain itu, ia juga menyebut ada beberapa langkah yang dipersiapkan supaya PBB lolos PT nantinya, diantaranya penguatan infrastruktur. 

Dalam hal ini, DPP PBB menargetkan terbentuk 100% dewan pengurus wilayah (DPW) serta dewan pengurus (DP), dan 75% ranting di seluruh Indonesia.

“Target kami lolos PT pada 2024. Insyaaallah PBB bisa mendapatkan kursi di DPR seperti periode 2009. Kemudian, minimal tiap provinsi PBB punya tiga anggota DPRD dan tiapn kabupaten/koya minimal 2-3 anggota dewan,” kata Afriansyah dalam keterangannya, Minggu (21/2). 

Ia juga optimis bahwa seluruh kader PBB akan berjuang sekuat tenaga, dan saling bergandengan tangan untuk mewujudkan semua target tersebut. Harapan ini juga sebelumnya disampaikan Afriansyah ketika menghadiri silaturahmi DPW dan DPC PBB se-Provinsi Riau di Hotel Grand Central Pekanbaru, Sabtu (20/2) malam.

  • Aksi Mahasiswa Papua Tolak Otonomi Khusus

Pada Rabu (24/2/2021), sejumlah mahasiswa Papua melakukan aksi penolakan perpanjangan otonomi daerah khusus (Otsus) Papua Jilid II di depan gedung Kementerian Dalam Negeri. Hal ini dikarenakan mereka menilai otonomi khusus selama ini tidak menambah kesejahteraan, justru malah menimbulkan pelanggaran HAM serta pembungkaman ruang aspirasi menuntut referendum.

  • Rocky Gerung Akan Bongkar Pimpinan Buzzer Serang SBY

Diberitakan Pengamat Politik Rocky Gerung akan membongkar pimpinan buzzer yang menyerang mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Seperti yang diketahui saat para buzzer serang SBY lewat berbagai macam meme. Hal ini muncul usai ramai pembahasan dana hibah Rp 9 miliar untuk pembuatan museum serta galeri seni SBY-ANI di Pacitan. 

Terkait hal itu, Rocky Gerung menduga meme tersebut berasal dari para buzzer yang sudah terorganisir. Meme tersebut diduga sengaja dibuat untuk menyindir SBY yang disebut buzzer dengan istilah ‘Lurah Cikeas’. Menurutnya, meme yang dialamatkan pada SBY ini adalah kerjaan lurah lainnya. 

“Meme itu kerjaan lurah yang lain, jadi persaingan antar lurah. Saya menganggap ini jadi kesempatan mereka saling kirim sinyal.” kata Rocky di saluran Youtubenya.

By sartika